Beranda Kabupaten Kaur Lima Kecamatan Dapat Program Hibah Air Limbah Setempat

Lima Kecamatan Dapat Program Hibah Air Limbah Setempat

263
0
Kepala Bidang CK, Dadang ST ME

IKNews, KAUR – pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, provinsi Bengkulu  melalui Dinas Pekerjaan Umum kembali menerima program Hibah Air Limbah Setempat (H-ALS).

Program H-ALS selanjutnya akan diberikan kepada beberapa desa yang tersebar di 5 kecamatan. Di antaranya yaitu   kecamatan Kaur Selatan, kecamatan Luas,kecamatan Lungkang kule, Maje dan Nasal.

“Program ini bukanlah program pertama di Kabupaten Kaur,  tahun lalu kita telah menyalurkan bantuan serupa kepada beberapa desa sebanyak Ratusan unit,” papar kepala dinas PUPR Kaur, Guntur ST MT melalui kepala bidang CK, Dadang ST ME dalam penjelasannya saat di bincangi di ruang kerjanya  (24/04/2024). yang lalu.

“Program ini sebenarnya terkait dengan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi komitmen pemerintah melalui program Kaur Berseri yaitu menginginkan agar sanitasi masyarakat sudah layak dan aman,” jelas Dadang.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan  berdasarkan data yang ada, saat ini untuk warga di kabupaten Kaur,masih banyak yang belum memiliki WC/Jamban, bahkan masih ada 1000 Rumah lagi yang belum memiliki WC.

“Saat  kita turun ke lapangan,dan melihat langsung,memang  sanitasinya masih banyak yang standar, atau belum layak dan aman, masih ada yang membuat jamban yang masih terkontaminasi dengan air bersihnya, sehingga berisiko terjangkit berbagai penyakit akibat ratusan bakteri yang berasal dari kotoran manusia,” terang Dadang.

Meski begitu, Dadang menyampaikan bahwa target kita, semua penduduk di kabupaten Kaur ini harus memiliki WC semua,tampa terkecuali, tapi tentunya melalui tahapan terangnya.

“Kami Pastikan semua penerima telah memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan ini. kami juga Minta tolong untuk diperhatikan dan diawasi perkembangannya. Libatkan semua pemangku kepentingan yang ada di desa lokus yang mau kita intervensi. Dari awal semua pihak harus peduli.  Dengan kolaborasi dan peran aktif semua pihak, maka insyaAllah kendala apapun bisa kita atasi. Sekali lagi, saya titip betul program ini. Saya kira masyarakat akan merasa sangat terbantu,  dan pemerintah pun akan sangat senang tutupnya.

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini