Beranda Kab. Tapanuli Selatan Bupati Tapsel Buka HLM TPID dan TP2DD, Dorong Kestabilan Harga Perluasan Digitalisasi...

Bupati Tapsel Buka HLM TPID dan TP2DD, Dorong Kestabilan Harga Perluasan Digitalisasi Daerah

15
0
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu, secara resmi membuka High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Tapanuli Selatan. Acara ini dilaksanakan di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, pada Rabu (24/4).

IKNews, TAPSEL – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu, secara resmi membuka High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Tapanuli Selatan. Acara ini dilaksanakan di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, pada Rabu (24/4).

Dalam sambutannya, Bupati Dolly Pasaribu menekankan pentingnya menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat. Salah satu upaya yang ditekankan adalah melalui operasi pasar yang rutin dilakukan. Beliau juga menyoroti 4 Pilar Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, yang mencakup aspek keterjangkauan harga, stabilitas harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif untuk menjaga inflasi daerah.

Dolly juga menguraikan amanat UU No 18 Tahun 2022 yang menjamin kecukupan pangan bagi masyarakat secara berkelanjutan dan menyebutkan upaya yang dilakukan Kabupaten Tapsel untuk mencapai tujuan tersebut, seperti memproduksi pangan secara mandiri, mempermudah akses pangan, dan meningkatkan nilai tambah daya saing komoditas pangan.

Lebih lanjut, Bupati berharap agar Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dapat mendorong akselerasi dalam elektronifikasi pemerintah daerah Tapanuli Selatan. Hal ini dianggap penting untuk meningkatkan efisiensi birokrasi, transparansi sistem pemerintahan, dan optimalisasi pendapatan daerah.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Sibolga atas kolaborasi dalam menyajikan informasi terkait kondisi perekonomian dan inflasi di wilayah tersebut, yang menjadi dasar bagi berbagai kebijakan yang diambil.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias, memberikan arahan Presiden RI terkait pengendalian inflasi, termasuk memanfaatkan APBD, memperkuat sarana dan prasarana pertanian, mengintegrasikan data stok pangan, memperkuat infrastruktur, serta meningkatkan komunikasi dan koordinasi kebijakan.

Sekda Tapsel, Sofyan Adil, menambahkan bahwa melalui rapat HLM TPID dan TP2DD, diharapkan terjadi kolaborasi, sinergi, dan konsistensi dalam menyusun program pengendalian inflasi dan digitalisasi daerah. Tapsel pun diharapkan dapat meraih prestasi dalam TPID Award dan TP2DD Champion.

Dengan acara ini, diharapkan Tapanuli Selatan dapat terus memperkuat upaya dalam mengendalikan inflasi serta memperluas digitalisasi di seluruh sektor pemerintahan dan masyarakat.

(Mora Siregar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini