Beranda Politik Forum Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sulut Diinisiasi Sekwan Sulut, Hadirkan...

Forum Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sulut Diinisiasi Sekwan Sulut, Hadirkan Dirjen Dukcapil Kemendagri

26
0

IKNews-SULUT – Forum Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota se Sulut ini dibuka oleh Ketua DPRD dr. Franciskus Andi Silangen,SpB,KBD dengan narasumber masing-masing Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Dr. Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd yang didampingi Kepala BPSDM Kemendagri RI Dr. Drs. Sugeng Hariyono, M.Pd.

Diketahui yang terundang hadir dalam kegiatan Forum adalah, Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sulut, Sekretariat DPRD Provinsi dan Kab/Kota, dilaksanakan pada Jumat (14/7) di salah satu hotel di Manado.

Dalam sambutan Kemendagri, menjadi perhatian Kusus Kementrian Dalam Negeri RI permasalaan status kependudukan terutama dalam momentum pemilu di tahun 2024 salah satunya kontribusi pemilih pemula yang memiliki peran penting untuk suksesnya pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, kata Dirjen Ducapil Kemendagri RI Teguh Setiabudi.

Setiabudi memaparkan berbagai masalah terkait kependudukan, khususnya menuju pemilu tahun 2024 dengan berbagai perkembangan yang ada saat ini yang berkaitan dengan data kependudukan.

” Terkait data pemilih, DPT Nasional sudah ditetapkan pada tanggal 2 Juli 2024, tugas kami sekarang mengupdate data,” ungkap Teguh Setiabudi.

Secara khusus untuk Provinsi Sulawesi Utara menurut Setiabudi, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian khusus untuk segera ditindaklanjuti. ” Khusus untuk Provinsi Sulawesi Utara juga kami sampaikan beberapa hal yang perlu kita tangani bersama terkait masalah pemilih pemula masih banyak di Sulut yang kita lakukan upaya – upaya percepatan terkait masalah perekaman sehingga nantinya para pemilih pemula sampai dengan tanggal 14 Februari tahun depan tidak terabaikan hak pilihnya dan tetap tercover hak pilihnya, ”imbuh Setiabudi.

Untuk itu Setiabudi mendorong Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota bersama provinsi untuk terus bersinergi melakukan langkah – langkah cepat dengan sistim jemput bola.

” Tidak hanya pemilih pemula tetapi juga kepada seluruh warga yang memiliki hak pilih, tetapi memang dari data yang ada pemilih pemula di Sulut masih banyak yang belum melakukan perekaman untuk kependudukan., ” beber Setiabudi

” Data pemilih pemula di Sulawesi Utara masih banyak yang belum melakukan perekaman dan ini menjadi tugas kita bersama Kabupaten/Kota untuk memaksimalkan hal itu termasuk urusan pindah domisili yang terlalu mudah apalagi menghadapi mementum Pilkada, Pilkades dan lain – lain, ini menjadi masukan bagi kami untuk terus memperbaiki regulasi yang ada, ” pungkas Teguh Setiabudi sekaligus memberi apresiasi pelaksanaan kegiatan Forum Pimpinan DPRD.

Turut hadir dalam kegiatan Forum, Ketua DPRD dr. Fransiskus Andi Silangen, SpB.KBD, sembari mengemukakan berbagai masukan apa yang telah disampaikan oleh kedua personil legislator Sulut, Anggota DPRD dari Komisi I Fabian Kaloh dan Melky Jakhin Pangemanan, terkait status pemilih yang terus menjadi pembicaraan dalam setiap proses Pemilu.

Adapun kegiatan Forum DPRD se Provinsi Sulut, diinisiasi oleh Sekretaris DPRD Provinsi Sulut, Sandra Moniaga.

(Des)*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini