Beranda Nasional Tips Sukses Ternak Lebah Trigona

Tips Sukses Ternak Lebah Trigona

271
0
Gambar: Foto lebah Trigona Itama Atau kelulut.

IKNews, TAPANULI TENGAH – Lebah Trigona adalah lebah tanpa sengat sebagai salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia.

Berdasarkan pengujian ilmiah yang dilakukan oleh Ir. HAE Zaenal Hasan, M.Si. (peneliti dari Laboratorium Biokimia Institut Pertanian Bogor), kadar flavonoid yang dihasilkan oleh trigona mencapai 4 persen. Melihat potensi tersebut, beternak lebah Trigona dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Lebah Trigona beragam Spesies tiap daerah memiliki endemik lebah Trigona salah satunya Sumatera yang terkenal dengan lumbung lebah Trigona Itama Dari Genera Heterotrigona.

Heterotrigona Itama sudah tak asing lagi untuk dikenal bagi kalangan petani lebah Sumatra, tak sedikit yang sukses meraup keuntungan mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari hasil ternak lebah Trigona.

Gambar: Foto koloni lebah Trigona Itama Penghasil Madu, Bee pollen dan Propolis (Dok.sumut trigona).

Namun tak dapat disanggah jika sebagian petani lebah Trigona menuai gagal bahkan tidak mendapat apa-apa hingga kerugian baik materi waktu dan tenaga.

Kali ini penulis mencoba merangkum tips sukses dalam ternak lebah Trigona Itama penghasil Madu, Bee Pollen dan Propolis.

  • Lahan

“Lahan atau tempat berternak lebah Trigona Itama adalah modal utama dalam beternak lebah tanpa sengat untuk memastikan lahan yang cocok untuk beternak lebah Trigona Itama perlunya memperhatikan Vegetasi sekitar baik di dalam, maupun di luar. Lahan yang di pilih untuk berternak lebah Trigona itama, lahan dipastikan bukan lokasi langganan banjir ketika hujan, memiliki banyak pohon sebagai tempat berlindungnya koloni lebah Trigona Itama agar terhindar langsung dengan serangan terik matahari,” Ungkap salah satu pengiat lebah Trigona Itama Sumut Trigona yang akrab disapa Bang Mendrofa di Jl. Oswald Siahaan Pandan, Tapanuli Tengah (19/04/2023)

Gambar: Mendrofa memberi Pelatihan Ternak Lebah Trigona Itama Atau kelulut di Lapas Kelas II A SIBOLGA (Dok.sumut trigona).
  • Vegetasi

“Vegetasi adalah bagian dari sumber pakan untuk kelangsungan hidup lebah Trigona Itama, tentunya Vegetasi yang terdapat pohon atau tanaman yang menghasilkan sumber Resin, Bee Pollen, dan nektar contoh tanaman Xanthos Temon, Kaliandra, dan Dombeya dan tanaman lainnya,” kata Bang Mendofa.

  • Bibit Lebah Trigona Itama

“Untuk mendapatkan bibit lebah Trigona Itama secara gratis di alam cukup dengan membolang. Namun hal ini membutuhkan keahlian khusus serta peralatan khusus dan ketelitian saat memantau. Letak dimana lebah Trigona Itama bersarang di alam yaitu di pohon yang memiliki rongga untuk lebah Itama bersarang, namun hal ini tidak sedikit para petani lebah mengandalkan pembolang khusus Lebah Trigona Itama untuk mendapatkan bibit lebah Itama yang unggul dan layak untuk diternak. Dapat juga bekerja sama dengan pembolang yang sudah berpengalaman”

Untuk tips berikutnya seputaran lebah tanpa sengat sahabat pembaca dapat mengikuti kami terus hanya di IKNews.*

Reporter : R. Mendrofa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini