Beranda Nasional Jelang Operasi Lilin Candi 2023, Polres Pekalongan Gelar Latihan Pra Operasi

Jelang Operasi Lilin Candi 2023, Polres Pekalongan Gelar Latihan Pra Operasi

24
0
Gambar : Jelang Operasi Lilin Candi 2023, Polres Pekalongan Gelar Latihan Pra Operasi, Pekalongan (21/12/2023).

IKNews, PEKALONGAN – Sebagai upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepolisian Resor Pekalongan akan menggelar Operasi Lilin Candi 2023.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa kegiatan rutin tahunan tersebut bertujuan untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Polres Pekalongan mengawali kegiatan operasi dengan latihan Pra Operasi (Latpraops) yang dibuka langsung oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Ahmad Ghifar Alahfaqsy, S.H., S.I.K., M.H, Kamis (21/12).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Polres Pekalongan itu, mengambil tema “Melalui latihan pra operasi kita tingkatkan kemampuan dan profesionalisme Polri dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 guna memelihara Keamanan Dalam Negeri.”

Latpraops diikuti oleh para PJU, Kasat, dan Kapolsek jajaran serta seluruh anggota yang terlibat Ops Lilin Candi 2023.

Kompol Ghifar yang mewakili Kapolres Pekalongan dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan operasi Lilin Candi 2023 yang akan digelar mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Ia meminta kepada personel yang terlibat, bisa memiliki inovasi dan juga azas kepantasan agar diperhatikan terutama kekuatan personel.

“Karena kita kegiatannya bersamaan dengan OMB, Saya minta kepekaan rekan-rekan anggota, jika ada hal yang tidak pantas, khususnya kepada institusi Polri agar lebih peka,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, ia juga meminta kepada pengurus gereja dan masyarakat sekitar untuk bisa membantu dan terlibat dalam pengamanan, sehingga bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia menambahkan, jika kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Pekalongan harus bisa diciptakan selama pelaksanaan operasi. “Seperti mengantisipasi konflik antar agama, kecelakaan lalu lintas, dan juga kriminalitas di Kabupaten Pekalongan,” imbuh Wakapolres.

Oleh karena itu, jalin komunikasi dengan pengelola wisata, dan upayakan di tempat wisata ada tim medis. “Untuk Sat Binmas agar memberikan imbauan kepada masyarakat yang intinya antisipasi rumah kosong dan pencurian,” paparnya.

Memasuki musim penghujan ini, Kompol Ghifar mengharapkan kesiapsiagaan, baik personel maupun sarana dan prasarana guna mengantisipasi jalur rawan longsor dan musibah bencana alam lainnya.

“Mari kita laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tetap jaga kesehatan dan keselamatan dengan harapan kegiatan berjalan aman dan kondusif,” tutup Wakapolres mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Kabagops Polres Pekalongan Kompol Farid Amirullah, S.H., M.H mengungkapkan, personel yang terlibat dalam operasi lilin candi 2023 sebanyak 402 terdiri dari unsur Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, PMI, Senkom dan Orari.

Kompol Farid menekankan perlunya peningkatan giat Kepolisian, diantaranya operasi miras, serta patroli di tempat ibadah gereja.*

Reporter : Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini