Beranda Nasional Presiden Jokowi Resmikan LRT Terintegrasi Jabodebek untuk Mengatasi Kemacetan

Presiden Jokowi Resmikan LRT Terintegrasi Jabodebek untuk Mengatasi Kemacetan

39
0
Gambar : Presiden Jokowi Resmikan LRT Terintegrasi Jabodebek, (28/8/2023).

IKNews, JAKARTA – Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan Layanan Kereta Api Ringan (LRT) Terintegrasi Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) di Stasiun LRT Cawang, Jakarta pada Senin, 28 Agustus 2023. Proyek LRT yang membentang sepanjang 41,2 kilometer ini telah menelan biaya sebesar Rp 32,6 triliun.

Dalam peresmiannya, Presiden Jokowi menyatakan, “Hari ini Alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer dan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun.”

Kehadiran LRT ini menjadi tambahan dalam rangkaian moda transportasi massal yang dicanangkan oleh pemerintah di ibu kota dan sekitarnya, termasuk Moda Raya Terpadu (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), TransJakarta, dan kereta bandara. Presiden Jokowi berharap bahwa moda transportasi massal tersebut akan mendorong masyarakat untuk beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum, dengan tujuan mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.

Presiden Jokowi menjelaskan, “Kita selalu masuk sebagai 10 besar kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta setiap harinya. Oleh sebab itu, macet, polusi juga selalu ada di Jakarta. Oleh sebab itu kenapa dibangun MRT, LRT, KRL, TransJakarta, BRT, kereta bandara agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal.”

Meskipun demikian, Presiden mengakui bahwa mengalihkan masyarakat ke transportasi massal bukanlah tugas yang mudah. Contohnya, penggunaan MRT masih belum mencapai kapasitas maksimal harian yang diinginkan.

LRT Jabodebek memiliki dua jalur pelayanan, yakni Cibubur Line dan Bekasi Line, dengan total 18 stasiun. Cibubur Line mencakup perjalanan dari Stasiun Harjamukti di Depok ke Stasiun Dukuh Atas di Jakarta, melewati 12 stasiun dalam jarak tempuh 24,3 kilometer. Sementara itu, Bekasi Line menghubungkan Stasiun Jati Mulya di Kabupaten Bekasi dengan Stasiun Dukuh Atas melalui 14 stasiun dalam jarak tempuh 27,3 kilometer.

Presiden Jokowi berharap agar masyarakat khususnya di sekitar Cibubur, Bekasi, dan sekitarnya akan beralih ke LRT sebagai alternatif transportasi, dengan harapan dapat mengurangi kemacetan dan polusi. Pada acara peresmian LRT ini, turut hadir berbagai tokoh penting, termasuk Ibu Iriana Joko Widodo, para menteri, dan pejabat negara lainnya.*

Reporter : Petrus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini