Kotamobagu– Dalam rangka menyambut tahun baru Imlek 2571, umat Tridharma keturunan Tionghoa di Kotamobagu melaksanakan peribadatan upacara Tien Sik di Klenteng Tian Shang Sheng Mu Khung, Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat Jumat (25/01/2020).

Polres Kotamobagu menerjunkan sedikitnya 100 personil yang dipimpin langsung Kabag Ops Kompol Jacky Lapian, S.Sos dan Kasat Sabhara serta Kapolsek Kotamobagu bersama personil Polsek Kotamobagu dalam rangka mengamankan perayaan tahun baru umat Tridharma yang biasanya disebut tahun baru Imlek.

Upacara Persembahyangan Tie Sik dipimpin oleh Ketua Kelenteng Tian Sheng Shang Mu Kung Kotamobagu Sdr. Keni Tomas Lapian, dan di hadiri oleh 25 umat Tri Dharma Kota Kotamobagu. Prosesi persembahyangan dan doa di awali dengan pemasangan lilin dan Hio/Dupa kemudian pemimpin Persembahyangan memanjatkan doa untuk Kemakmuran , kesejahteraan serta Keamanan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan seluruh rakyat indonesia, serta memohon agar dapat berjalan dengan tenang tentram dan damai.

Setelah pelaksanaan persembahyangan selesai selanjutnya pada pukul 00.00 Wita dilaksanakan pesta kembang api, untuk merayakan tahun baru Imlek 2571.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh masyarakat Kota Kotamobagu yang berjumlah 500 orang, untuk menyaksikan prosesi persembahyangan menyambut tahun baru Imlek dan pesta kembang api.

Dalam kesempatan Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK mengucapkan terima kasih kepada personil Polres Kotamobagu yang menjaga keamanan selama pelaksanaan persembahyangan sehingga dapat berjalan lancar sampai dengan berakhirnya acara.

Zakir Mokoginta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here