Beranda Malang Raya Kota Batu Pemkot Batu Raih Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pariwisata Terbaik dari Gubernur Jatim...

Pemkot Batu Raih Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pariwisata Terbaik dari Gubernur Jatim Khofifah

41
0
Gambar. Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai terima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (7/2/24). (Foto: Dws)

IKNews, KOTA BATU – Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menerima penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pariwisata Terbaik dari Gubernur Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Pj. Aries dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam kegiatan Sapa Insan Budaya dan Pariwisata, di Graha Wisata Menanggal Jatim, Kota Surabaya, Kamis (7/2/2024).

Pj. Aries menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur yang memberikan penghargaan terkait pengembangan potensi pariwisata di Kota Wisata Batu.

Aries juga memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang berkolaborasi bersinergi serta berinovasi dalam mensukseskan baik promosi maupun segala kegiatan yang mendukung kelancaran aktivitas pariwisata yang ada di Kota Batu.

Termasuk dukungan desa, yang saat ini sudah mulai bertransformasi menjadi desa wisata dengan fokus tematik sesuai potensi di wilayahnya masing-masing termasuk salah satunya Kampung Sakura, Desa Sidomulyo, yang beberapa waktu yang lalu dibuka oleh Pj. Aries.

“Pemerintah Kota Batu tidak bisa bekerja sendiri, kami membutuhkan kerjasama semua pihak untuk bersinergi sekaligus memikirkan dan mengembangkan bagaimana memanfaatkan potensi alam yang sejuk ditambah kreativitas warga Kota Batu sehingga mau munculkan banyak destinasi wisata baru di desa tematik sesuai dengan potensi di wilayahnya masing-masing,” kata Pj. Aries.

Tak terkecuali dengan sektor UMKM dan pertanian, dua sektor tersebut juga masuk dalam tiga fokus pembangunan Pemerintah Kota Batu dalam kepemimpinan Pj. Aries selama di amanahkan oleh Gubernur untuk memimpin Kota Batu.

“Setiap ada kegiatan Kami selalu berkeliling mengunjungi baik sentra ekonomi kreatif, UMKM, maupun pertanian milik warga Kota Wisata Batu. Kami menemukan banyak sekali potensi yang masih bisa dikembangkan dan ini sangat potensial untuk kemajuan Kota Wisata Batu,” ucap Pj. Aries.

Berdasar pada data yang dirilis oleh Disparta pada Triwulan IV Tahun 2023, target kunjungan wisatawan tercapai sebesar 10.116.570, dengan wisatawan mancanegara mencapai 10.821 orang. Dan tentunya menjadi tantangan di Tahun 2024 sebesar 11 hingga 12 juta wisatawan.

Dengan meningkatnya target kunjungan wisatawan kali ini, menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota Batu untuk membangkitkan semangat agar target tersebut bisa tercapai.

“PR kita sekarang adalah bagaimana 2024 kita membangkitkan semangat lagi agar pariwisata bisa mencapai target yang kita raih tahun 2023 kemarin,” jelas Pj. Aries.

Aries menyampaikan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, dia telah meminta setiap OPD di Pemkot Batu membuat sebuah program yang mampu meningkatkan daya tarik Kota Batu.

“Tidak hanya Dinas Pariwisata, tapi Dinas Koperindag juga. Contoh, karena ada pasar, bagaimana caranya ini menjadi objek wisata baru. Objek wisata belanja mungkin, dengan beragam kegiatan yang dikemas,” ungkap Pj Aries.

Kemudian, Aries menyebut, pihaknya juga akan menarik event-event oleh instansi pusat atau provinsi untuk dapat diselenggarakan di Kota Batu.

Reporter: Dws

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini