Beranda Pemilu Bawaslu Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, Bawaslu Kotamobagu Antisipasi ‘Gerakan...

Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, Bawaslu Kotamobagu Antisipasi ‘Gerakan Senyap’

85
0
Bawaslu Kota Kotamobagu Saat Menggelar Rakor Pengawasan Masa Tenang Pemilu Tahun 2024 Bersama Camat, Lurah dan Sangadi. (Gie)

IKNews, Bawaslu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kotamobagu menggelar rapat koordinasi Pengawasan Masa Tenang Pemilu Tahun 2024. Kamis 08 Februari 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di RM Nasi Tempong 88 Kotamobagu tersebut, dibuka langsung oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kotamobagu.

Dalam kegiatan itu, Bawaslu Kota Kotamobagu menghadirkan dua orang narasumber yakni Musli Mokoginta dan Aljunaid Bakari. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat se-Kotamobagu, Lurah, Sangadi, dan Tokoh Masyarakat.

Ketua Bawaslu Kotamobagu, Yunita Mokodompit, menyatakan bahwa masa tenang menjadi periode yang tegang bagi mereka karena rawan dengan potensi pelanggaran.

“Biasanya gerakan yang berpotensi menimbulkan pelanggaran pada masa tenang ini bersifat senyap,” Ungkap Yunita.

Untuk mengatasi hal ini, kami akan berkolaborasi dan berkoordinasi dengan semua pihak, seperti camat, lurah, dan sangadi untuk membantu menekan atau meminimalisir potensi pelanggaran.

“Jika nanti di masa tenang kami menemukan adanya dugaan pelanggaran pemilu yang bertentangan dengan UU, kami akan menindak tegas tanpa pandang bulu,” Tegas Yunita.

Di sisi lain, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kota Kotamobagu, Arie Setiawan Mokodompit, menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan pemilu selama masa tenang.

“Jika nanti masyarakat menemukan dugaan pelanggaran, misalnya praktik politik uang, penyalahgunaan wewenang oknum penyelenggara, isu sara, informasi hoax, segera laporkan ke Bawaslu. Tentu disertai dengan bukti-buktinya,” Ungkap Arie

Arie Menambahkan, Bawaslu Kotamobagu akan selalu memastikan terlaksananya Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan damai di Kotamobagu.

“Menghadapi masa tenang ini, akan kami instruksikan seluruh jajaran pengawas dari tingkat Kecamatan hingga Pengawas TPS untuk melakukan Patroli Pengawasan serta memaksimalkan pengawasan partisipatif masyarakat. Akan kami libatkan semua stakeholder, baik dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai kelurahan/desa,” Tutup Arie.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini