Beranda Daerah Kotamobagu Pj Wali Kota Kotamobagu Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni untuk Meningkatkan Kualitas...

Pj Wali Kota Kotamobagu Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

50
0
Asripan Nani saat meresmikan rumah layak huni di Kelurahan Tumobui Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.(Gie)

IKNews, Kotamobagu – Pj Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si, meresmikan pembangunan 94 rumah layak huni di Kota Kotamobagu. Acara peresmian berlangsung di Kelurahan Tumobui, Kecamatan Kotamobagu Timur, dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita. Pemasangan Peneng pada rumah penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) juga dilakukan di Desa Kobo Kecil. Selasa 23 Januari 2024.

Menurut Kepala PRKP Kotamobagu, Alfian Hasan, pembangunan rumah layak huni ini didanai oleh anggaran tahun 2003, mengacu pada UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan pemukiman. Surat keputusan wali kota nomor 26 tahun 2023 tentang data prasarana penghapusan kemiskinan extreme di Kota Kotamobagu menjadi dasar pelaksanaannya.

“Tujuan pembangunan rumah layak huni adalah untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka,” Jelasnya.

Sementara itu, Recky Walter Lahope, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I, memberikan apresiasi terhadap inisiatif Pemerintah Kota Kotamobagu dalam melaksanakan peresmian perumahan stimulan swadaya. ” ini merupakan tanggung jawab pemerintah daerah dan menjadi salah satu apresiasi dari Kementerian PUPR,”ungkapnya.

Disisi lain, Asripan Nani, menyatakan bahwa kegiatan peresmian hari ini melibatkan dua sumber anggaran, yakni dari Kementerian PUPR melalui Balai Perumahan Provinsi Sulawesi Utara dan Dana APBD Kota Kotamobagu.

“Semua ini tentunya tidak lepas dari sinergi antara sektor publik dan swasta, termasuk dukungan dari stakeholder melalui program CSR untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah bagi warga Kota Kotamobagu.” Jelasnya.

Hadir dalam acara peresmian ini adalah Asisten Intelejen Kejati Sulawesi Utara, Marthen Tandi., S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Jifly. Z. Adam, S.H., M.H., Perwakilan Forkopimda, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I, Ir. Recky. W. Lahope, S.T., M.T., para Asisten, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, serta para Camat, Lurah, dan Sangadi se-Kota Kotamobagu.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini