Beranda Advetorial Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani Ikuti Prosesi Adat Poponikan Mogutun...

Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani Ikuti Prosesi Adat Poponikan Mogutun Kon Komalig Moloben

35
0
Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, mengikuti Prosesi Adat Poponikan Mogutun Kon Komalig Moloben atau menaiki Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu pada hari Senin, 4 Oktober 2023. (Diskominfo Ktg)

Advertorial, Kotamobagu – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, mengikuti Prosesi Adat Poponikan Mogutun Kon Komalig Moloben atau menaiki Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu pada hari Senin, 4 Oktober 2023.

Kegiatan berlangsung di dua lokasi, yaitu Rumah Kediaman Pribadi Pj. Wali Kota dan Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu.

Prosesi Adat dimulai dengan kunjungan Orang Tua Adat dari Rumah Dinas Wali Kota ke Kediaman pribadi Pj. Wali Kota, yang terletak di Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur. Mereka datang untuk menyampaikan kesiapan Tua Adat dari Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu dalam menerima kedatangan Pj. Wali Kota Kotamobagu beserta Istri, Ny. Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, SE.

Pj. Wali Kota menerima kedatangan tersebut dengan ramah dan mempersilahkan untuk melanjutkan Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben.

Pj. Wali Kota Kotamobagu dan Istri kemudian menaiki kendaraan menuju Komalig Moloben, didampingi oleh Orang Tua Adat dari Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur.

Kedatangan mereka di Rumah Dinas disambut meriah oleh Orang Tua Adat, dan selanjutnya, mereka berjalan melalui Tolatak Sinontanday atau Tangga Adat kebesaran sebelum memasuki rumah dinas Wali Kota Kotamobagu.

Seluruh prosesi adat ini diakhiri dengan Mintahang atau Doa Syukuran yang diikuti oleh Jajaran Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, Orang Tua Adat, dan Keluarga Pj. Wali Kota. Kegiatan ini menjadi momen penting dalam menjaga dan merayakan warisan budaya dan adat yang kaya di daerah Kotamobagu.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini