Beranda Kabupaten Kaur Pembangunan Gedung Posyandu Dikebut

Pembangunan Gedung Posyandu Dikebut

42
0
Gambar : Pembangunan gedung Posyandu desa Sinar Banten, Kaur (18/10/2023).

IKNews, KAUR – Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan warga khususnya ibu-ibu hamil dan balita pemerintah Desa Sinar Banten Kecamatan Nasal Kebupaten Kaur mengucurkan anggaran Dana Desa untuk pembangunan gedung dan penyelenggaraan posyandu.

Posyandu adalah wadah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh, dari, dan untuk masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesehatan ibu, bayi, dan balita pada khususnya. Biasanya pelaksanaan kegiatan posyandu bergantung pada kader-kadernya, dimana mereka menentukan keberhasilan pengelolaan kegiatan posyandu pada wilayahnya masing-masing. Kegiatan posyandu terdiri dari dua bagian, yaitu kegiatan utama dan kegiatan pengembangan atau pilihan.

Kegiatan posyandu yang mencakup kesehatan ibu meliputi pemeriksaan kehamilan dan nifas, pemenuhan gizi ibu (seperti pemberian vitamin atau suplemen penambah darah), serta imunisasi tetanus untuk ibu hamil. Pemberian vitamin untuk anak, umumnya vitamin A, dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh. Kekurangan vitamin A dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit. Sedangkan kegiatan posyandu yang berkaitan dengan anak adalah penimbangan berat badan. Fungsi kegiatan ini adalah untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin apabila terjadi masalah pada pertumbuhan anak. Hasil penimbangan tersebut kemudian akan dicatat di Kartu Menuju Sehat (KMS), yang merupakan kartu yang mencatat perkembangan balita. Dengan perkembangan yang terpantau melalui KMS, status pertumbuhan balita dapat diketahui.

Kegiatan posyandu pengembangan atau pilihan merupakan kegiatan di luar kegiatan dasar yang disesuaikan dengan masalah atau kebutuhan masyarakat di lingkungannya masing-masing. Adapun contoh kegiatan-kegiatannya, penanggulangan penyakit endemik setempat, seperti DBD dan malaria.

Sarnak selaku Kepala Desa Sinar Banten menyampaikan bahwa, “Pembangunan gedung posyandu ini masuk dalam anggaran pada tahap (3) Tiga, sehingga pembangunannya saat ini baru seperti ini, dan kita akan upayakan secepatnya untuk menyelesaikan pembangunannya sebelum akhir tahun ini,” ujarnya saat dibincangi pada saat beliau meninjau pembangunannya.

Suryati warga setempat sangat berterima kasih atas pembangunan yang saat ini sedang dibangun, sehingga dengan adanya fasilitas yang disediakan oleh pihak desa, tentu kaum ibu-ibu yang membutuhkan pelayanan yang berkaitan dengan kehamilan, posyandu, dan sebagainya. “Harapan kami selaku kaum hawa, kedepannya adanya petugas kesehatan yang memang tinggal di sini, agar pada saat dibutuhkan, tidak terlalu lama,” ujarnya.*

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini