Beranda Kabupaten Nganjuk Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter, Kang Marhaen Buka Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter, Kang Marhaen Buka Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

33
0
Gambar : Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter, Kang Marhaen Buka Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (4/7/2023).

IKNews, NGANJUK – Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi berkesempatan membuka kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diinisiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Selasa (4/7/2023) di Aula SMP Negeri 6 Nganjuk.

Dalam sambutannya, Bupati Marhaen memberikan pembekalan kepada guru jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang pentingnya memahami karakter anak karena pada dasarnya bahwa setiap anak itu unik dan cerdas.

“Untuk itu, jangan membanding–bandingkan anak kita dengan kakak dan adik-adiknya atau bahkan dengan teman-temannya,” tuturnya.

Menurut Kang Marhaen di dunia pendidikan yang paling utama adalah membangun pendidikan karakter. Sikap, perilaku dan attitude yang baik inilah yang perlu dikedepankan. Terkait pelajaran dan keterampilan di sekolah, hal itu gampang, yang paling mendasar itu adalah bagaimana membangun sikap terhadap anak agar muncul jiwa tangguh.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Kang Marhaen, salah satunya merupakan tugas seorang guru. Jadi tugas guru adalah memotivasi anak agar memiliki karakter dan attitude yang baik.

Untuk diketahui, kegiatan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 4-7 Juli 2023, bertempat di SMPN 6 Nganjuk. Struktur program bimtek implementasi kurikulum merdeka jenjang SMP kali ini memiliki struktur program sejumlah 32 jam pelajaran. Peserta berasal dari guru mata pelajaran masing–masing 1 orang yang berasal dari 54 SMP Negeri dan 37 SMP Swasta yang masih menggunakan kurikulum mandiri berubah. Total peserta sebanyak 540 guru. Narasumber berasal dari pengawas SMP, guru penggerak dari SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Nganjuk.

Kang Marhaen berharap para tenaga pendidik di Kota Bayu untuk senantiasa meningkatkan sumber daya di tengah modernisasi yang menuntut tenaga pendidik untuk mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi.

Program merdeka belajar, lanjutnya, merupakan program yang didengungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Olehnya itu, Kang Marhaen berpesan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan serius agar implementasi program merdeka belajar dapat diterapkan dengan baik di tempat mengabdi masing-masing.

“Saya berharap, peserta yang terdiri dari para tenaga pendidik, dapat mengikuti bimbingan ini dengan baik, agar ilmu yang didapat bisa diimplementasikan di tempat mengabdi masing-masing,” tandasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Kepala Seksi Pembinaan Kesiswaan dan Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Pengawas SMP, dan undangan terkait.*

Reporter : Wati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini