Beranda Kabupaten Nganjuk SMA Negeri 1 Nganjuk Ikut Lomba Tari Kreasi di FLS2N

SMA Negeri 1 Nganjuk Ikut Lomba Tari Kreasi di FLS2N

38
0
Gambar : SMA Negeri 1 Nganjuk Ikut Lomba Tari Kreasi di FLS2N.

IKNews, NGANJUK – SMA Negeri 1 Nganjuk patut berbangga dengan Ayudya Jingga Mahawangi karena berhasil mewakili Kabupaten Nganjuk di bidang tari kreasi pada ajang ternama FLS2N.

Seperti diketahui, FLS2N merupakan ajang kompetisi bergengsi di bidang seni yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Gadis yang kerap disapa Jingga itu berlenggok di hadapan kamera untuk memikat para juri FLS2N di tingkat kota/kabupaten pada bulan Mei lalu.

Uwuh Tuwuh, judul tari kreasi yang dibawakan Jingga, mampu meloloskannya menuju tingkat Provinsi Jawa Timur. “Uwuh memiliki makna sampah dan tuwuh memiliki makna tumbuh. Ide Uwuh Tuwuh berasal dari kebiasaan masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan sehingga menimbulkan petaka bagi lingkungan sekitar,” terang penari yang masih duduk di bangku kelas X itu.

Tarian Uwuh Tuwuh dibawakan pada proses seleksi tingkat Provinsi Jawa Timur pada tanggal 15—17 Juni di Royal Orchids Garden Hotel dan Condominiums, Batu.

“Padahal, dengan membuang sampah sembarangan, kita juga lebih mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya penyakit kulit,” imbuh Jingga.

Penari Uwuh Tuwuh tersebut juga menuturkan bahwa tarian tersebut tidak lepas untuk membuka mata para apatis lingkungan supaya bisa mengolah dan mengelola sampah dengan baik. Sampah berupa limbah koran ditampilkan dengan apik menyerupai tokoh wayang Cangik dan Buta Cakil. Kedua tokoh wayang tersebut ditunjukkan dalam bentuk wayang koran maupun gerakan.

Tarian penuh filosofi tersebut mampu membawa Jingga meraih posisi 10 besar tingkat Provinsi Jawa Timur. Meskipun tarian Uwuh Tuwuh hanya menduduki peringkat ke-7, tetapi Jingga mengaku mendapatkan pengalaman yang luar biasa bersama para penari lainnya.*

Reporter : Wati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini