Beranda Kabupaten Nganjuk Petugas Dinas (Disperta) di Nganjuk Datangi Kandang Peternak Cegah PMK

Petugas Dinas (Disperta) di Nganjuk Datangi Kandang Peternak Cegah PMK

21
0
Gambar : Petugas Dinas (Disperta) di Nganjuk datangi kandang peternak cegah PMK (Selasa 20 Juni 2023).

IKNews, Nganjuk – Petugas dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Nganjuk mendatangi kendang milik peternak.
Cara itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Petugas juga langsung melakukan vaksin di kandang-kandang ternak.

Menurut Medik Veteriner Disperta Nganjuk, Neneng Susanti, tim vaksinasi PMK datangi langsung ke kandang ternak.

“Vaksinasi PMK kali ini dilakukan secara Door to Door, yakni tim mendatangi langsung ke kandang para peternak,” ujarnya dikutip di laman nganjukkab, Selasa 20 Juni 2023.

Neneng Susanti mengatakan, ada empat tim yang akan mendistribusikan sekitar 300 dosis vaksin di Desa Sekaran, Kecamatan Loceret. Vaksin langsung ke ternak sapi. Dosis pertama maupun Booster, karena sebelumnya sudah laksanakan vaksinasi di Desa Sekaran.

Vaksinasi ini dalam rangka penanggulangan penyebaran virus PMK yang sedang marak di kalangan peternak.

“Semua pihak berharap virus PMK dapat dikendalikan dengan baik untuk kesejahteraan para peternak di Nganjuk. Terlebih ini menjelang Hari Raya Idhul Adha,” papar Neneng Susanti.

Neneng Susanti mengimbau para perternak sapi dan kambing untuk memastikan kebersihan kandang. Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan penyemprotan disinfektan serta berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk.

“Akibat dari penyakit mulut dan kuku bisa diketahui bersama dampak terburuknya bagi para peternak, ” tutupnya.*

Reporter : Wati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini