Ilustrasi Kebakaran Lahan

INFOKINI.NEWS, BOLMONG – Musim panas, sejumlah lahan produktif di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sengaja dibakar oleh oknum warga untuk perluasan pertanian dan mempermudah bercocok tanam saat masuk musim penghujan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan (Kaban) Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Haris Dilapanga, saat masuk musim panas petani sengaja membakar lahan pertanian untuk perluasan. Kata Haris dari cerita masyarakat di wilayah sepanjang pantai utara tersebut.
“Dari cerita mereka (warga), khususnya di pantai utara, mereka memilih membakar lahan agar ada perluasan dan kebun menjadi besar, sebab katanya untuk membersihkan kebun agak sulit,” ungkap Dilapanga, Rabu (12/9/2018).
Untuk menghindari maraknya pembakaran lahan, pihak BPBD Bolmong terus melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.
“Memang agak sulit jika turun sosialisasi dan memberikan pemahaman ke masyarakat akan dampak yang terjadi jika lahan dibakar, makanya kami juga libatkan Pemdes untuk sosialisasi,” katanya.
Untuk mengatisipasi agar tidak ada pembakaran lahan, pihak pemerintah daerah lewat BPBD Bolmong sudah sosialisasi.
“Antisipasi kebakaran saat ini baru sebatas sosialisasi karena keterbatasan alat pemadam, ada truck tangki tapi itu untuk suplai air bersih jika terjadi bencana, selebihnya jika bisa dijangkau kendaraan bisa diatasi dengan truck kami. Tapi jika sudah diluar jangkauan hanya menggunakan tenaga manual lewat TRC BPBD,” tukasnya.
Peliput: Tim Infokini News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here