INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU –¬†Bersama Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, menghadiri Kuliah Umum dan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Kemenristek Dikti Nomor 529/KPT/1/2018 Tentang Alih Kelolah Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK), bertempat di Aula Rumah Dinas (Rudis) Walikota, Kamis, (13/09/2018).

Walikota Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, sungguh mengapresiasi bakti dan kinerja, Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo yang kala itu masih menjabat sebagai Anggota Komisi 10, di DPR RI.

“Beliau (Yasti Soepredjo) kepada saya berkata, tugas Walikota harus mampu menyelesaikan UDK dalam berbagai kesemrautan yang ada di Kotamobagu,” ujar Walikota.

Walikota juga memberi selamat kepada  Prof. Dr. H. Jasruddin, MSc atas dilantiknya menjadi, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IX Wilayah Sulawesi,

“50 persen Wilayah Sulut adalah Bolaang Mongondow Raya, sehingga ini adalah hal yang patut disyukuri karena semakin lengkapnya persyaratan kita menuju provinsi, Selain itu, tentu belum terlambat rasanya, jika kami mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak. Juga kami dapa dengan bahasa Mongondow, selamat datang ‘dega’ niondon”, jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, cita-cita seluruh masyarakat BMR untuk menjadikan pendidikan lebih baik, alhamdulilah terwujud.

“Dengan ditandatangainya, alih kelolah ke pemerintah Kotamobagu, ini merupakan rahmat bagi kita,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, jika Pemda Bolmong akan memberi suport yang besar kepada UDK.

“Kami di Bolmong baru akan memulai anggaran untuk 2018. Seandainya, ini baru diserahkan Desember, saya kita tidak akan pos anggaran, tapi ini hari baik, insyaallah tinggal ditanyakan kepada Pak Sekda, berapa yang akan diberikan. Ini adalah komitmen saya, untuk bisa mengahasilkan anak-anak kita untuk menjadi kompetitif, dan mampu bersaing dengan anak di luar daerah,” ungkap Bupati.

Saya berharap, UDK bisa berganti nama, untuk spirit kemongondowan. Tentunya, saya dan walikota akan memberi sumbangsih untuk UDK menjadi lebih baik.

“Ukwah terjaga, terutama tanggung jawab kepada anak-anak se-BMR, untuk lebih baik lagi dalam dunia pendidikan,”tanda Bupati.

Terpisah, Ketua Yayasan Kotamobagu mandiri, Prof. Dr. Umar MSc, yang juga Mantan Rektor UDK mengatakan, perjalanan perkembangan UDK tidak lepas dari peran Pemerintah Kota, terutama Bupati Bolmong, Yasti Seopredjo yang kala itu masih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI.

“Kami banyak berbincang tentang bagaimana dunia pendidikan di Bolaang Mongondow, termasuk juga bagaimana UDK ini,” jelasnya.

Dirinya berharap, UDK akan terus bekembang dan menjadi kebanggaan Bolaang Mongondow Raya.

“Semoga terus berkembang, karena dalah satu syarat untuk jadi provinsi, harus ada Perguruan Tinggi, tak perduli Negeri atau Swasta. Sehingga, kita bisa melebur dan mendorong UDK lebih berkembang, unggul dan diridhoi,” pungkasnya.

Peliput: Tim InfoKini News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here