Kopi Rinjing Kotamobagu

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Industri Kopi di wilayah Kota Kotamobagu semakin bergiliat, salah satunya Kopi Rindjing yang memiliki kopi cita rasa yang nikmat dengan aroma kopi yang harum.

Menurut Muhammad Agus Salim atau yang akrab disapa Eka pemilik Kopi Rindjing, mengungkapkan asal nama Kopi Rindjing terinspirasi dari petani kopi di daerah Boltim yang memetik biji kopi lalu di tempatkan dan diangkut dengan memakai Rindjing. Rindjing merupakan kosa kata dari bahasa jawa yang artinya tempat atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Kerennya Eka mampu membuat alat roasting sendiri yang ilmunya ia dapat dari ikut pelatihan teknik. “Karena harga alat roasting kopi mahal, maka kita coba otak-atik untuk membuat alat sendiri untuk mengoreng kopi atau alat roasting kopi dan alhamdulilah jadi,” ujar Eka, saat ditemui di tempat usahanya di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur. beberapa waktu lalu.

Dalam satu hari dirinya mengaku mampu memproses kopi dari 15Kg sampai 20Kg dan Produk Kopinya sudah banyak dipesan pelanggan, tak hanya di wilayah bolmong raya namun sudah menembus Kota Manado, Makasar, Palu, Ternate hingga Daerah Jawa.

Usaha Kopi Rindjing sudah ia tekuni sejak 4 tahun yang lalu, dan dirinya berharap Pemerintah khususnya Pemkot Kotamobagu juga mampu bekerjasama dengan para pengusaha kecil agar produk lokal daerah juga mampu bersaing dengan produk lain dan masuk dalam swalayan agar produk Kotamobagu dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Kopi Rindjing sangat banyak orang yang suka,tapi kami masih kendala dalam kemasan. Karena kalau kemasan baik maka juga dapat meningkatkan daya pembeli masyarakat. Kita pengin punya alat packing yang bagus agar produk kopi kami juga mampu kita pasarkan ke berbagai  daerah,” ungkapnya.

Untuk harga Kopi Rindjing dijual Rp. 70.000 per Kg dan omset dalam waktu satu bulan mampu ia katongi sekitar lima jutaan. “Alhamdulilah hasil kerja keras usaha kopi ini juga bisa dapat membantu perekonomian keluarga dan semoga kedepan ada modal yang lebih banyak untuk meningkat produksi kopi,” terangnya.

 

Tim Infokini.News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here