Herman Aray, S.IP

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Bekas Rumah Sakit Umum Datoe Binangkang, Kelurahan Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat, bakal ‘disulap’ menjadi pusat kuliner di tahun 2019.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kotamobagu, Herman Aray, mengatakan, tahun depan, pihaknya  menyiapkan anggaran Rp400 juta, diperuntukan untuk pembongkaran gedung rumah sakit, dan pembuatan fasilitas pendukung kawasan kuliner di lokasi tersebut.

“Kita siapkan 400 juta dari APBD 2019. itu buat pembongkaran gedung RSUD, pembuatan toilet, dan pemasangan lampu pusat kuliner,” katanya (20/11/2018)

Selain itu, kata Aray, rencana pembangunannya telah mendapkan respon positif dari Kementerian Koperasi dan UKM, dengan meninjau langsung lokasi eks RSUD itu.

“Pekan depan, Kementrian Koperasi akan ke lokasi (Eks RSUD). Semoga kita dapat suntikan dana untuk pembangunanya,” ucapnya.

Sebelumnya, pikanya telah mengirimkan proposal permohonan dana ke Kementrian Koperasi, sekaligus membuatkan maket pusat kuliner.

“Permohonan kita Rp1 Miliar. Maketnya juga sudah ada,” katanya sambil memperlihatkan maket dari ponselnya ke awak media.

Dijelaskanya, pembangunan pusat kuliner bertujuan untuk melestarikan makanan khas daerah dan juga sebagai upaya peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD).

“Nanti kalau sudah berfungsi, Pemkot dapat dua sumber PAD. Yakni, retribsui dari pedagang kuliner dan Parkir. Untuk parkir kendaraan akan dikelolah Dinas Perhubungan,” terangnya. (irg).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here