Beranda Daerah Bupati FDW Hadiri Kegiatan Wisuda Sekolah Lansia Smart Pakalowiren Perdana di Sulut

Bupati FDW Hadiri Kegiatan Wisuda Sekolah Lansia Smart Pakalowiren Perdana di Sulut

117
0

IKNews,Minsel – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH. Menghadiri Kegiatan Wisuda Sekolah Lansia Pakalowiren di BKL Kasmartama’an yang bertempat di Kampung KB Desa Munte Kecamatan Tumpaan pada Jumat (19/4/2024).

Kegiatan Wisuda Sekolah Lansia Smart Pakalowiren ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara dengan tujuan untuk Meningkatkan Keterampilan di Usia Lansia yang bertempat di Desa Munte Tahun Ajaran 2024 dan telah Memenuhi 12 Kali Pertemuan Dengan 12 Materi.

Secara Umum Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia Menjelaskan Bahwa Lanjut Usia (Lansia) Adalah Seseorang Yang Telah Mencapai Usia 60 Tahun Ke Atas Dan Saat Ini Pertumbuhan Jumlah Penduduk Lansia Dapat Menjadi Potensi Untuk Pembangunan.
Hadirnya Program Sekolah Lansia Bina Keluarga Lansia (BKL) Menjadi Salah-Satu Solusi Dalam Meningkatkan Potensi Lansia. Dimana Sekolah Lansia Ini Merupakan Upaya Pendidikan Secara Non Formal Yang Dilakukan Sepanjang Hayat Bagi Lanjut Usia, Khusunya Bagi Lansia Yang Masih Potensial Di Dalam Keluarga Dan Masyarakat Untuk Mewujudkan Lansia Yang “Smart” (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, Dan Bermartabat) Melalui 7 Dimensi Lansia Tangguh Yakni Dimensi Spiritual, Fisik, Emosional, Intelektual, Sosial Kemasyarakatan, Profesional Vokasional Dan Dimensi Lingkungan.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan Biaya Penyelenggaraan Orientasi Untuk 546 Orang Pendamping Keluarga Se-Kabupaten Minahasa Selatan Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting, dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

Adapun tujuan Sekolah Lansia adalah untuk Meningkatkan Kualitas Kegiatan Kelompok BKL Dalam Mewujudkan Lansia Tangguh, Meningkatkan Pemahaman Lansia Tentang Konsep Smart Dalam Lingkup 7 Dimensi Lansia Tangguh (Spiritual, Fisik, Emosional, Intelektual, Sosial, Professional Vokasional Dan Lingkungan), Meningkatkan Pengetahuan Lansia Tentang Proses Menua Sehat Dan Sakit, Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan Dan Perilaku Lansia Tentang Kesehatan Fisik Dan Mental, Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan Dan Perilaku Lansia Tentang Kehidupan Sosial Dan Ekonomi, Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan Dan Perilaku Lansia Tentang Lingkungan Yang Mendukung Kehidupan Lansia, Desa Munte Masuk Kedalam 29 Desa Dalam Predikat Kampung Keluarga Berkualitas (Desa Kriteria Berkelanjutan).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Minahasa Selatan didampingi oleh Sekretaris Daerah.,Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Bpk. Ir. Diano Tino Tandaju, M.Erg., bersama jajaran, Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan atau yang diwakili, Kepala LPP TVRI Sulut I Ketut Sutakariana, Kepala Lapas Kelas III Amurang Fentje Mamirahi, S.Pd, para Penyuluh KB dan Pokja Kampung KB.,para Asisten Sekda, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat, para Kepala Puskemas dan para Hukum Tua se-Kecamatan Tumpaan.
(A’Lan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini