Beranda Kabupaten Kaur Konsultasi Publik (RPJPD) dengan Visi Mandiri Makmur dan Lestari

Konsultasi Publik (RPJPD) dengan Visi Mandiri Makmur dan Lestari

78
0
Gambar : Konsultasi Publik (RPJPD) dengan Visi Mandiri Makmur dan Lestari, (11/1/2024).

IKNews, KAUR – Bappeda dan Litbang Kaur melaksanakan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kaur Tahun 2025-2045 di Aula Kantor Bupati Kaur, Kamis (11/01/2024).

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan dokumen perencanaan daerah dalam periode 20 tahunan yang harus disusun setiap periodenya.

Konsultasi Publik RPJPD ini diselenggarakan untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan (Stakeholders) pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau masukan permasalahan dan isu strategis Kabupaten Kaur sebagai penyempurnaan dokumen rancangan awal RPJPD Kabupaten Kaur Tahun 2024-2045.

“Sehingga pembangunan 2025-2045 benar-benar memberikan dampak yang baik di semua lini,” ungkap Kepala Bappeda dan Litbang Kaur, Dr. Ir Hifthario Syaputra, ST, M.Si, Kamis 11 Januari 2024.

Dikatakannya, dalam rancangan awal RPJPD 2025-2045 dengan visi mandiri, makmur, dan lestari. Sedangkan untuk misi ada 6 poin, mulai dari mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat berdaya saing dan layak, mewujudkan pembangunan ekonomi inklusif merata dan berkelanjutan dengan peningkatan produktivitas daerah.

Pada kesempatan ini juga kepala Bappeda dan Litbang Kaur menyampaikan bahwa dokumen perencanaan ini sangat penting sebagai acuan dalam perumusan visi dan misi calon kepala daerah yang akan menjadi dasar dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Kaur dalam 4 periode kedepan sehingga substansi yang terkandung dalam dokumen ini harus menggambarkan keadaan Kabupaten Kaur secara utuh.

“Untuk itu, kegiatan ini merupakan momen bagi kita semua para stakeholder pembangunan untuk mencurahkan isi pikiran kita dalam memberi masukan terhadap substansi perencanaan pembangunan ini,” ungkap Rio.

“Visi dan Misi Kabupaten Kaur yang kita susun saat ini juga harus merujuk kepada visi yang dituangkan dalam rancangan RPJPN tersebut dan kepada kita semua agar melihat permasalahan pembangunan dan isu strategis di kabupaten Kaur yang dilihat secara nyata dan berdasarkan data yang akurat,” lanjut Rio.

Kepala Bappeda dan Litbang berharap agar berperan aktif untuk memberikan masukan penyempurnaan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Kaur Tahun 2025-2045, sehingga tercipta kesinambungan antara apa yang didiskusikan dan apa yang akan dirumuskan dalam dokumen RPJPD.

“Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD, Ka Bappeda Provinsi Bengkulu, Tim Ahli Penyusunan RPJPD Kabupaten Kaur, Kakan Kemenag Kaur, Kakan BPS Kaur, Kakan Pertanahan Kaur, Staf Ahli, Asisten, Seluruh Ka OPD, Sekretaris DPRD, Seluruh Camat se-Kabupaten Kaur, Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua Kadin, Ketua Koni, Ketua KNPI, Ketua PMI, Ketua Karang Taruna, Ketua PWI, Ketua SPRI, Ketua SMSI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan.*

Reporter: Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini