Beranda Pemilu KPU KPU Touna Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

KPU Touna Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

30
0
Gambar : KPU Tojo Una-una menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, di hotel Grand Pink Ampana Uentanaga Bawah, Kecamatan Ampana Kota pada jum'at (22/12/2023).

IKNews, AMPANA – Komisi Pemilihan umum (KPU) Tojo Una-una menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Kegiatan itu berlangsung di Hotel Grand Pink Ampana Uentanaga Bawah, Kecamatan Ampana Kota pada Jum’at (22/12/2023).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Touna, Nidau menyampaikan tujuan dari simulasi tersebut untuk memberikan penguatan bagi petugas penyelenggara di lapangan terkait teknis pemungutan suara di TPS dan kegiatan itu dilaksanakan berdasarkan surat dinas KPU RI.

“Semua satker baik yang ada provinsi dan kabupaten melakukan simulasi, dan ini bagian dari tahapan pemilu, agar di hari pemungutan suara tidak ada kesalahan yang terjadi,” ujarnya.

Menurut Ndiau, simulasi yang dilaksanakan hari ini adalah simulasi pertama, namun tidak menutup kemungkinan pada pembentukan KPPS tahun 2024 dilakukan simulasi kembali.

Simulasi ini melibatkan PPK se-Kabupaten Touna, TPS Kecamatan Ratulindo, Ampana Kota, dan Ampana Tete.

Dengan jumlah masing-masing yang hadir PPK se-Kabupaten Touna berjumlah 60, PPS Ratulindo 30 PPS Kecamatan Ampana Kota 40 serta Ampana Tete 42 orang.

“Dari simulasi ini pihak terundang dan kepada badan ad hoc yang hadir bisa memahami dan memaknai bagaimana tata cara perhitungan suara di TPS nantinya,” katanya.

Pantaun media ini dalam simulai KPU Touna mengenalkan tata cara pemungutan dan perhitungan, rekapitulasi suara.

Seperti saat tiba di TPS warga yang akan menggunakan hak pilihnya memperlihatkan KTP dan formulir C6 yang telah diterima sebelum hari pencoblosan.*

Reporter : Jefry Dako

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini