Beranda Advetorial HKN, Andi Yusuf Komitmen Wujudkan Transformasi Kesehatan Buteng

HKN, Andi Yusuf Komitmen Wujudkan Transformasi Kesehatan Buteng

543
0
Andi Muhammad Yusuf memakai Topi Penjabat, saat me Lauching PMT Lokal. (Foto : DisKominfo Buteng).
Andi Muhammad Yusuf memakai Topi Penjabat, saat me Lauching PMT Lokal. (Foto : DisKominfo Buteng).

IKNEWS, BUTON TENGAH – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 59 Tahun 2023 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) di tandai dengan semangat untuk terus berupaya mewujudkan transformasi kesehatan yang berkelanjutan, demi mewujudkan Indonesia Maju. Kegiatan tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf Kapolres Buton Tengah, para staf, asisten, kepala OPD, dan jajaran petugas kesehatan se-Buton Tengah. Jum’at (10/11/2023).

Adapun tema besar HKN tahun ini aadalah “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, memberi kesempatan untuk merenungkan dan memperkuat komitmen dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Momentum ini tidak hanya menjadi peringatan semata, tetapi juga momentum untuk kita semua merefleksikan komitmen kita dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita, terutama terkait upaya pencegahan dan penanganan stunting,” Kata Andi Muhammad Yusuf.

Kabupaten Buton Tengah sendiri lanjutnya turut serta dalam upaya nyata untuk memerangi masalah stunting yang telah lama menghantui pertumbuhan generasi muda. Melalui kerja sama yang erat antara pemerintah, para tenaga kesehatan, dan berbagai pihak terkait, Buton Tengah telah berhasil merancang program pemberian makanan tambahan lokal yang kaya akan nutrisi, yang secara signifikan akan membantu mengurangi angka stunting di Buton Tengah.

Dirinya menambahkan HKN yang juga ditandai dengan peluncuran program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Lokal sebagai tonggak awal dalam upaya kita untuk memajukan kesehatan masyarakat Buton Tengah.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, para pemangku kepentingan, dan pihak terkait lainnya untuk turut serta aktif dalam mensukseskan program ini. Mari kita jalin kolaborasi yang erat, saling mendukung satu sama lain, untuk mewujudkan visi bersama akan masyarakat yang sehat, cerdas, dan berkualitas,” Ujarnya.

Andi Yusuf pun mengajak seluruh pihak untuk menjaga program ini dengan sebaik-baiknya, serta merangkul seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjalankannya dengan penuh keikhlasan dan semangat. Pemerintah Kabupaten Buton Tengah terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Buton Tengah, khususnya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Andi Yusuf, menambahkan sampai dengan tanggal 1 November 2023, jumlah penduduk Buton Tengah yang telah terdaftar dalam Program JKN sebanyak 100% dengan tingkat keaktifan 89,94% (107.624 jiwa dari total penduduk 119.661 jiwa).

“Penduduk yang dibayarkan oleh Pemda Buton Tengah sebanyak 24.910 jiwa (20,08% dari total penduduk). Melalui UHC Non Cut Off merupakan suatu hak istimewa bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah untuk melakukan pendaftaran masyarakat yang sakit dan membutuhkan ke dalam program JKN secara langsung aktif saat itu juga tanpa masa tunggu sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Buton Tengah cukup menunjukkan KTP saja pada saat berobat dan sudah bisa dilayani Fasilitas Kesehatan seluruh Indonesia,” Kata Andi Yusuf. (ADV)

Muhammad Shabuur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini