Beranda Sulawesi Tengah Buol Kabupaten Buol Jadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Perindustrian dan Perdangangan Tingkat Provinsi...

Kabupaten Buol Jadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Perindustrian dan Perdangangan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023

22
0
Gambar : Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah Richard Armando bersama PJ. Bupati Buol Drs. Muchlis saat memberikan cendra mata.

IKNews, BUOL – PJ. Bupati buol Drs. Moh. Mukhlis, MM beri sambutan pada pembukaan rapat koordinasi perindustrian dan perdagangan tingkat Sulawesi tengah di Gedung Surya wisata Kelurahan Kali, Senin 5/6/23.

Rapat tahunan yang berperan dalam mendorong kemajuan industri dan perdagangan guna mempercepat pembangunan ekonomi daerah maupun nasional serta sebagai upaya mendukung visi misi pemerintah Provinsi Sulawesi tengah yaitu gerak cepat menuju Sulawesi tengah lebih sejahtera dan lebih maju.

Hj. Mahna Yudalemba SE selaku Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng dalam membacakan sambutan kepala dinas mengatakan tujuan pelaksanaan rakor ini adalah untuk mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi program pembangunan perindustrian dan perdagangan antara pemerintah pusat provinsi dan kabupaten kota di Sulawesi Tengah melalui pengelolaan program pembangunan infrastruktur dimensi kewilayahan dalam rangka pembangunan industri yang berdaya saing meningkatkan ekspor serta penguatan pasar di Sulawesi Tengah.

Dengan mengangkat tema gerak cepat capaian pembangunan dan konsolidasi perdagangan yang mendukung perekonomian yang bernilai tambah serta berkelanjutan di Sulawesi Tengah.

Dengan harapan dapat merumuskan dan menyusun program kegiatan strategis yang akan dilaksakan pada tahun 2023 dan tahun 2024. Yang terkoordinasi antara program pemerintah pusat pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota dalam rangka mewujudkan perekonomian Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan berinovasi.

PJ. Bupati Buol Drs. Moh. Muhklis, MM. Mengatakan kami ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta rapat dari Kabupaten Kota se-Sulteng. Mudah-mudahan atas kehadiran bapak ibu dapat saling meningkatkan integrasi improvisasi dan sinergitas antara pemerintah daerah se-provinsi Sulawesi Tengah.

Fokus pemerintah Kabupaten Buol kedepan akan melakukan transformasi ekonomi atau pergeseran ekonomi berbasis Step Renewable Resource ke Renewable Resource yang dapat diwujudkan di daerah keseimbangan antara pilar ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam perencanaan pembangunan dan ekonomi yang membentuk ekonomi Hijau atau yang sering kita kenal dengan Ready ekonomi.

PJ. Bupati mengajak kepada seluruh kepada dinas perindustrian perdagangan 13 Kabupaten Kota se-Sulteng agar kita juga membangun sinergi yang lain kerjasama terkait potensi yang kita miliki masing-masing di kabupaten kota agar kita sama-sama saling mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah kita bersama-sama.

PJ berpesan mari terus tingkatkan kerjasama dan koordinasi kelembagaan dan pihak swasta dan stakeholder lainnya, para mitra pelaku usaha lainnya agar tercipta hubungan baik sinergi antara satu sama lain semoga hasil dari rakor ini dapat segera ditindaklanjuti dalam rangka meningkat kinerja dan komitmen kita bersama dalam meningkatkan dan memajukan sektor perindustrian dan perdagangan di provinsi Sulawesi Tengah dan khususnya di daerah Kabupaten Buol.

Kepala dinas perindustrian perdagangan Sulteng Richard Arnaldo, SE,. M.SA. mewakili Gubernur Sulteng mengatakan dalam RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah ada 4 program prioritas diantaranya mendorong peningkatan produktifitas tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan dan komoditi-komoditi pertanian lainnya. Sehubungan dengan hal itu sektor perindustrian dan perdagangan menjadi dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan karena dua sektor ini menjadi arti strategis dalam mempercepat pembangunan dan pemulihan ekonomi daerah maupun nasional.

Untuk memajukan sektor ini Saya berpandangan diperlukan kerjasama dan keberpihakan dalam dukungan dan penganggaran ekonomi rakyat dalam bentuk usaha industri kecil dan menengah sebagai ujung tombak yang dapat menaikan dampak produktif pada deklarasi perekonomian.

Olehnya Saya berharap para peserta rakor dapat terus mengikuti rakor ini sehingga dapat memunculkan ide-ide dan gagasan yang inovatif kreatif untuk mendorong dan meningkatkan perdangangan maupun industri baik dalam negeri maupun di luar negeri yang berkualitas kewirausahaan yang berdaya saing hilirisasi produk unggulan daerah peningkatan pelayanan sertifikasi mutu barang dan perlindungan konsumen guna memajukan bidang perindustrian dan perdagangan yang berdaya saing lebih maju dan lebih sejahtera di Sulawesi Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala dinas perindustrian dan perdagangan provinsi Sulteng Richard arnaldo, PJ. Bupati Buol Moh. Muchlis, Kapolres buol, Handri kepala Kejaksaan Negeri Buol, Lutfi Akbar seluruh pimpinan OPD dinas perindustrian perdagangan 13 kabupaten kota, kepala OPD Pemda kabupaten Buol, para camat insan pers.*

Reporter : Jamaludin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini