Suasana peserta KIM saat mengikuti materi teknik dasar jurnalistik, Kamis (15/11/2018 ) foto: irgi

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Sebanyak 98 peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM ) berasal dari 14 desa dan kelurahan di Kotamobagu mendapat pembekalan teknik dasar menulis berita dalam kegiatan Sosialisasi dan Pengembangan KIM yang digagas Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kotamobagu, di Aula Rudis Wali Kota, Kamis (15/11/2018 ).

Menurut, Kepala Bidang (Kabid) Statistik, Informasi dan Komunikasi Diskominfo, Fahri Damopolii, pembekalan dasar jurnalistik merupakan bagian yang sangat vital dalam penyeberan informasi khusunya bagi para peserta KIM.

“Para peserta kita ajarkan dasar cara menulis berita sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang dibantu sejumlah teman-teman pewarta yang bertugas di Pos Liputan Pemkot,” katanya.

Lebih lanjut ia katakan, setelah diberikan pengetahuan jurnalistik, para peserta diberikan tugas menulis berita terkait postensi-potensi serta produk unggulan di desa dan kelurahan serta mendapatkan pendampingan langsung para pewarta yang hadir dalam kegiatan itu.

“Para pewarta mendampingi para peserta terkait bagaiamana cara menulis berita yang baik, dan selanjutnnya dipaparkan langsung oleh para peserta lainya terkait hasil karya jurnalistik yang yang dibuat,” jelasnya.

Nico Paat, salah satu jurnalis senior yang juga selaku narasumber kegiatan itu mengatakan,  pembekalan diberikan sebagai bentuk kepedulian kepada para peserta terkait dunia jurnalistik.

“Peserta kami berikan pembekalan teknik dasar penulisan berita, apa  itu jurnalistik, produk jurnalistik itu seperti apa,  cara mengelola isu berita, berita yang menarik dibaca itu seperti apa, dan masih banyak lagi,” katanya.

Ia pun menekankan, sebelum menulis berita, para peserta wajib terlebih dahulu memahami dasar-dasar jurnalistik dan juga wajib mentaati kode etik jurnalistik.

“Supaya berita yang ditulis tidak asal-asalan dan ngawur. Kemudian harus tau betul aturanya,” katanya.

Ia pun berharap, peserta KIM agar mengaplikasikan dengan baik materi-materi yang didapat dalam sosialisasi ini.

“Semoga apa yang didapat para peserta bisa bermanfaat dan dapat memberikan informasi  yang aktual, faktual, menarik, dan memiliki nilai berita,” harapnya.

(IrGilalom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here