Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, kembali mengadakan rapat bersama dengan para pemilik toko dan PO, untuk membahas batas operasional, di aula Kantor Walikota, Kamis (09/04/2020).

Saat memimpin rapat, Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu, Nayodo Kurniawan, menegaskan, jika sebelumnya toko, swalayan, retailer dan supermarket memiliki batas operasional dari pukul 09.00-19.00 Wita, sekarang berubah dari pukul 09.00-16.00 Wita.

“Ini untuk meminimalisir kerumunan, kita tidak boleh egois. Ini bukan menutup,hanya membatasi demi kemaslahatan bersama. Kita sama-sama tahu Corona ini adalah masaalah bersama, sehingga saya berharap pengertiannya,” kata Wawali.

lanjutnya, aktifitas PO sebagai jasa antar penumpang lintas daerah juga diatur, untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang bergerak dibidang kuliner, juga diatur beroperasi dari pukul 16.00-21.00 Wita.

“Operasional pasar tidak berubah, tetap dari pukul 05.00-13.00 Wita, kemudian toko/swalayan, retailer, supermarket dari pukul 09.00-16.00 Wita, selanjutnya UMKM hingga pukul 21.00 Wita,” ujar Wawali.

Meski demikian, Wawali mengatakan akan terus mengevaluasi peraturan ini, guna penyesuaian di lapangan.

“Ini akan mulai diberlakukan Jumat, 10/04/2020 (esok red-), hari ini masih sebatas pemberiathuan dan sosialisasi, agar para pelaku usaha ini tidak kaget lagi,” pungkas Wawali.

Terpisah, salah seorang pemilik toko yang berlokasi di Jalan Ibolian, mengatakan, tidak bisa berbuat banyak dengan aturan yang telah diterapkan pemerintah.

“Tanpa pembatasan ini pun, pembeli sudah sangat berkurang sehingga ini sangat berdampak, tapi mau bagaimana, saya sendiri tidak ada pilihan selain harus ikut pemerintah,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, kabar baiknya adalah, pembatasan ini juga diberlakukan sama dengan supermarket.

“Tidak apa-apa, kan adil juga supermarket tutup sama dengan kami, jadi tidak ada tebang pilih. Ya saya hanya bisa berdoa Corona bisa segera berakhir agar kami bisa kembali ke kehidupan normal lagi,” tandasnya.

Diketahui, selain pemilik toko dan supermarket, turut hadir rapat, Sekkot Kotamobagu, Assiten II, Kepala Disperdagkop-UKM, Kepala Satpol-PP, Damkar, Kepala Dishub.(*/Zak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here