Refli Mokoginta

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), akan menggelar Pelatihan relawan dalam upaya misi kemanusiaan di Palu Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala BPBD Kotamobagu Refli Mokoginta saat diwawancarai beberapa media mengatakan, pihaknya selain terus mengumpulkan bantuan korban bencana juga melaksanakan pelatihan bagi relawan.

“Kegiatan pelatihan nanti akan diikuti sebanyak 20 relawan, yang berasal dari Satpol PP, PMI, tenaga medis bahkan masyarakat umun yang ingin berbuat misi kemanusiaan di Sulteng,” kata Refli.

Lanjutnya, pelatihan akan diselenggarakan kurang lebih 7 hari, Dan yang akan memberikan materi pelatihannya adalah dari Tim Basarnas Sulawesi Utara.

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bagi para relawan dalam penanggulangan bencana, jadi akan menjadikan relawan yang tangguh.”Ungkapnya.

Adapun materi  yang diberikan diantaranya, pemahaman tentang mitigasi bencana, penanganan korban bencana, penanganan pasca bencana dan tata cara mengevakuasi mayat.

“Selain itu juga diajarkan tata cara evakuasi korban bencana dan pengelolaan penampungan atau hunian sementara,” tandasnya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat sembako maupun relawan kemungkinan akan segera dikirim ke Palu.

“Untuk sembako masih dikumpulkan semua bantuan masyarakat KK. Kalau terkumpul kami masih akan lihat kondisi apakah dikirim lewat darat atau udara. Sedangkan relawan selesai dari pelatihan akan segera di kirim bersama dengan 4 tenaga medis dari kedokteran,” pungkasnya.

 

Zakir Mokoginta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here