INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU –  Beragam cerita dan harapan diluapkan para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kotamobagu yang tak lolos passing grade dalam ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang digelar selama dua hari dalam 8 sesi di SMK Cokroaminoto. Saat keluar ruang kelas ujian, wajah lesu dan tatapan kosong terlihat dari para peserta yang menaruh harap bisa menjadi abdi negara, namun belum bisa teruwujud.

Tessa Viola A Lintang,  salah satu pelamar CPNSD Kotamobagu yang mengambil kulifikasi pendidikan S1 Planologi pada formasi jabatan Tata Ruang, gagal mencapai passing grade yang ditetapkan pemerintah. Nilainya selisih satu angka di bawah yang telah yang ditentukan. Ia pun berharap, pemerintah agar mengeluarkan kebijakan yang terbaik bagi ia dan para peserta lainya agar bisa diloloskan.”Saya harap Pemkot bisa membijakinya. Semoga saja ada keputusan terbaik dari pemerintah,” katanya, saat di wawancara usai mengikuti ujian CAT, Senin (5/11/2018).

Lebih lanjut dikatakanya, pada saat ujian, ia menemukan ada sejumlah soal pertanyaan yang tidak mempunyai pilihan jawaban. Seharusnya, kata Tessa, soal pertanyaan itu harus mempunyai pilihan jawaban seperti soal pertanyaan di nomor lainya.”Saya menemukan ada lima nomor yang tidak ada pilihan ganda. Yakni di soal nomor 59, 60, 62, dan 64. Saya mengalami kesulitan menjawabnya,” terangnya.

Terpisah, Yuli Mamonto, peserta kualifikasi tenaga kesehatan jurusan keperawatan mengatakan, pada awalnya soal pertanyaan mudah dijawab. Namun, ketika masuk di pertanyaan-pertanyaan di nomor akhir, ia mengalami kesulitan menjawab ditambah waktu ujian yang sudah hampir usai.”Susah-susah gampang sih pertanyaanya. Yang membuat saya tidak konsen bekerja menyelasikan ujian karena ditekan waktu  yang ditetapkan panitia.Ya mau diapalagi, yang penting saya sudah berjuang,” katanya.

Hal lainya juga dikatakan Dolly Manoppo, salah satu peserta mengambil kualifikasi pendidikan S1 teknik arsitek. Ia menemukan dalam soal tidak ada pertanyaan. Yang ada hanya jawaban pilihan ganda.”Seperti pertanyaan: perhatikan gambar berikut ini: Namun gambarnya tidak ada. Yang ada hanya jawaban pilihan ganda, a,b,c,d,e. Bagaimana saya mau isi jawaban kalau tidak ada pertanyaan,” jelasnya.

Ia pun berharap, ujian CAT CPNSD mendatang, sudah tidak ada lagi soal yang tidak ada pertanyaan.”Saya berharap kedepan tidak ada lagi soal seperti itu. Kami pun bingung menjawabnya dengan apa,” katanya sambil tertawa.(irg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here