ILUSTRASI

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Pedagang buah Durian di Kota Kotamobagu kian menjamur. Pantauan media ini, ada beberapa tempat di Kotamobagu yang menjadi sentra penjualan buah Durian.

Salah satunya, di Jalan Datoe Binangkan Kelurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat. Buah durian yang dijual rata-rata didatangkan dari Kota Palu Sulawesi Tengah, dan dari Tompaso Minahasa Selatan.

Dodi Mamonto (35) salah satu pedagang mengatakan, buah durian yang datang dari Kota Palu cukup laris. Stoknya banyak apabila musimnya.

“Durian dari Kota Palu ini ada dua, ada durian montong yang ukurannya besar dan durian lokal. Nah, kalau durian montong ini ukurannya lebih besar,” kata Dodi

Harga dari kedua jenis durian itu kata Dodi, berbeda. “Durian ada beberapa ukuran, harga mulai dari Rp 40 ribu sampai 100 ribu. Kalau Rp 100 ribu itu durian Montong, biasanya dia dihitung per kilonya makanya mahal,” ungkapnya.

Dalam sehari dia mengaku, bisa menghabiskan 15-20 buah dengan berbagai ukuran.

“Per hari itu 15-20 buah per hari. Tapi tidak menentu, adakala sunyi adakala ramai. Kalau sekarang durian lagi kurang. Jadi kalau durian kurang pasti harganya akan naik, kalau dia banyak pasti harganya akan lebih murah kita jual,” jelasnya.

Dodi yang juga pengusaha meubel tersebut mengatakan, dari penjualan durian tersebut, sehari bisa menghasilkan kurang lebih Rp 300-400 ribu.

“Lumayanlah, untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau ramai dan banyak buah pasti pendapatannya akan lebih,” pungkasnya.

Sementara itu, banyak pembeli yang makan durian di tempat. Alasannya mereka bisa langsung mengembalikan durian tersebut kepada penjual dan meminta gantinya kalau tidak masak saat dibuka. 

“Itu sebabnya kami beli sekaligus dibuka dan dimakan di tempat. Soalnya penjualnya sportif. Tapi ada juga sih penjual yang tidak sportif. Setelah dibuka ternyata mentah, eh penjualnya cuek enggak mau mengganti durian. Ya penjual kayak itu kami ingat dan tidak kami beli lagi duriannya,” kata Ismail, salah satu pembeli durian.


Tim Infokini News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here