Beranda Daerah Kotamobagu ASN di Lingkup Pemkot Terus Diawasi

ASN di Lingkup Pemkot Terus Diawasi

125
0

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Tanda awas bagi seluruh ASN yang bertugas di lingkup pemerintah kota (pemkot) Kotamobagu. Pasalnya, saat ini pemkot Kotamobagu sedang merancang aplikasi yang akan mengintai gerak-gerik ASN saat sedang menjalankan tugas.

Kepala Data Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Rudy Yuanto Unu, mengungkapkan, dengan adanya aplikasi ini seluruh aktivitas ASN dengan mudah bisa terkontrol.

Percontohan pemasangan aplikasi tersebut akan dimulai dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu. “Gerak-gerik pegawai akan diawasi melalui aplikasi e-absensi ini. Dengan begitu, ruang gerak pegawai ‘kaki gatal’ alias yang suka keluyuran di jam kerja ataupun yang sering datang terlambat dan pulang cepat, akan lebih mudah diawasi,” ungkapnya.

Lanjutnya, aplikasi e-Absensi ini tinggal dirampungkan dengan mengisi seluruh data Aparatur Sipil Negara (ASN) serta memasang instalasi yang terakses ke Dinas Kesehatan.

“Kemungkinan minggu depan sudah rampung semua, dan setelah itu akan diluncurkan di setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) sebagai percontohan penerapan e-absensi sekaligus launching Kota Kotamobagu menuju smart city 2021,” ujarnya.

Rudy menjelaskan,  aplikasi e-absensi berfungsi untuk memantau kehadiran serta kinerja pegawai. Setiap pegawai akan diberikan kartu yang sudah terkoneksi dengan sistem pada aplikasi tersebut.“

Nantinya setiap pegawai akan diberikan combo card yang berfungsi sebagai kartu identitas pegawai, ATM, pembayaran parkir maupun pembayaran tap cash. Kemudian tiap pintu yang ada di Dinas Kesehatan akan dipakai accses door yang bisa diakses melalui handphone pegawai,” jelasnya.“

Sistem ini bisa terakses hingga radius 20 meter. Jadi ketika ada pegawai yang keluar kantor atau melebihi radius itu, maka secara otomatis akan terbaca oleh sistem dan disaat bersamaan akan muncul pertanyaan kepada yang bersangkutan lewat handphone,” tambahnya

Selain absensi, aplikasi Edupatrol juga dalam waktu dekat ini akan segera diterapkan di dua sekolah percontohan

Masing-masing SDN 2 Kotamobagu dan SMP Negeri 4 Kotamobagu. “Sekarang tinggal merampungkan data. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan diluncurkan bersamaan dengan e-absensi,” pungkasnya.

Tim Infokini news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini