Ahmad Yani Umar

Kotamobagu – Klinik Aspirasi dan Layanan Masyarakat (Kinalang) menjadi salah satu pemenang di ajang Innovative Government Award(IGA) Kota Kotamobagu (KK) tahun 2020. Apliaksi layanan masyarakat tersebut berhasil meraih predikat II (dua) dalam lomba yang digelar setiap tahun itu.

Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar melalui Sekertaris Diskominfo M Fahri Damopolii, mengatakan sangat bersyukur inovasi Kinalang jadi salah satu pemenang.

Dikatakannya, Kinalang merupakan unit pengelola layanan pengaduan Pemkot Kotamobagu. Aplikasi ini dirancang dari pengembangan dan pembaruan dari aplikasi layanan sebelumnya, yaitu SiKemas. Dimana, SiKemas salurannya hanya satu (One Channel).

“Nah, berangkat dari pemikiran-pemikiran itu, kami dari Dinas Komunikasi dan Informatika mengembangkan lagi dengan akses masyarakat terhadap layanan pengaduan ini harus lebih luas lagi jangkauannya. Di Kinalang ini ditambah lagi dengan nomor SMS, nomor WhatsApp, akun facebook dan ada twiter. Tambahan saluran itu untuk menjangkau masyarakat,” kata Fahri yang juga Inovator Kinalang.

Alasan kenapa Kinalang dipilih untuk diikutkan pada lomba IGA KK 2020, terang Fahri, karena Kinalang lebih kepada tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Diskominfo. “Memang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, urusan penyelenggaraan bidang komunikasi, informatika termasuk statistik dan persandian itu menjadi kewenangannya Diskominfo. Terkait dengan Inovasi, karena Kinalang terkait langsung dengan tugas pokok dan fungsi Diskominfo, yakni penyediaan layanan pengaduan masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut ia katakan,  pemerintah sangat membutuhkan saran dan masukan dari masyarakat.

“ Ini kemudian kami harapkan agar masyarakat bisa membiasakan memanfaatkan aplikasi layanan ini, untuk menyampaikan keluhan dan nantinya masyarakat bisa secara langsung terlibat dengan pembangunan melalui kontrol kinerja perangkat daerah di Kota Kotamobagu. Mudah-mudahan dengan Kinalang ini bisa meningkatkan kualitas layanan informasi, layanan pengaduan dilingkup Pemkot Kotamobagu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here