INFOKINI.NEWS, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow berhasil meyakinkan pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) terkait dengan pembangunan Bandar udara (Bandara). Dimana pemerintah pusat, menggelontorkan dana 32 miliar untuk pembangunan Bandara tahap dua pada tahun anggaran 2019.

Pembangunan Bandara yang di berada di Desa Lalow Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada tahun mulai dilelang. “Hari ini sudah proses lelang,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Bolmong Zulfadli Binol Selasa (29/1/2019).

Untuk anggaran 32 Miliar terbagi beberapa bagian. Yakni pematangan lahan kurang lebih 26 Miliar, pembangunan batas lahan atau pagar kurang lebih 5 Miliar serta biaya pengawasan sebesar 1 Miliar. “Jadi total keseluruhan 32 Miliar yang terbagi atas tiga kegiatan yaitu pematangan lahan, pembangunan batas, dan pengawasan,” jelas Zulfadli.

Menurutnya, setelah proses lelang berjalan, Dishub akan memantau langsung proses pekerjaan proyek tersebut agar bisa berjalan sesuai perencanaan.“Tetap kita awasi, agar sesuai standar yang direncanakan,” kata Zulfadli.

Ia juga menambahkan proses pembangunan bandaran di Lolak merupakan tahap kedua yang dimulai sejak 2018 lalu, dimana memakan anggaran Rp 18 Miliar untuk pematangan Runway.“Tahun lalu saat dimulai tahap pertama anggaran yang ditelan mencapai Delapan Belas Miliar. Insha Allah Empat tahun kedepan beberapa fasilitas pendukung Bandara ini sudah rampung semua, itu perkiraan kami,’ Jelas Zulfadli.

 

Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here