POLITIK —Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Herwyn J. Malonda, meresmikan ‘Mobil Baronda’ yang dilaksanakan di depan Kantor Bawaslu Sulut, Senin 12 Oktober 2020.

Kegiatan Launching Mobil Baronda (Bawaslu Baron Awasi Pilkada) yang diinisiasi oleh Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data & Informasi Supriyadi Pangellu itu, dihadiri Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut Aldrin Christian dan jajaran, para tokoh Agama serta media masa.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut Aldrin Christian menuturkan Bawaslu Sulut lebih memantapkan kerja pengawasan untuk menciptakan Pilkada yang lebih baik. Sehingga program Mobil Baronda menjadi bentuk sosialisasi yang sangat efektif kepada masyarakat.

“Saya berharap program yang telah ada terkait dengan pengawasan dan pelayanan melalui Mobil Baronda ini boleh diberikan kelancaran dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Komisioner Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu, mengatakan, kehadiran mobil Baronda diharapkan menjadi sarana edukasi dan informasi bagi masyatakat dalam mewujudkan Pilkada Sulawesi Utara yang berintegritas.

“Kami berharap kendaraan Baronda ini akan benar-benar dapat memaksimalkan tugas dan fungsi Bawaslu dalam mengawasi dan melakukan pencegahan pelanggaran Pilkada, khususnya di 15 Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn J. Malonda mengatakan, langkah inovatif ini akan semakin memaksimalkan informasi sehingga paritisipasi masyarakat untuk ikut serta melaksanakan pengawasan Pilkada akan maksimal.

“Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini sangat membutuhkan partisipasi kita semua, karena ini terkait bagaimana mewujudkan kedaulatan rakyat dan keselamatan rakyat, khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19,” katanya.

Ditambahkannya, salah satu fungsi Bawaslu adalah melakukan pencegahan tanpa mengabaikan penindakan.

“Salah satunya memberi informasi kepada publik terkait teknis penyelenggaran pemilihan, sanksi dan larangan yang tidak boleh dilakukan, termasuk kontribusi rakyat dalam mewujudkan Pilkada yang berintegritas,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here