Beranda Daerah Kotamobagu Warga Molinow Ini Kelola Bunga Hias Jadi Bisnis Menguntungkan

Warga Molinow Ini Kelola Bunga Hias Jadi Bisnis Menguntungkan

665
0

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Thiana Nurseri, usaha bunga hias yang dikelola oleh Susanti Hayat membuka peluang terutama bagi para pecinta bunga.

Beralamat di Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat, usaha ini cukup berkembang. Tak jarang pembelinya dari luar daerah. “Prospek usaha bunga hias tersebut cukup menjanjikan. Buktinya, dari usaha yang dikelolah bersama suami, Juliady Pobela, Ia bisa mencakup keuntungan puluhan juta per bulan,” kata Susanti.

Perputaran ekonomi lewat usaha ini, juga sangat berkembang sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang baik. “Dalam satu kali penjualan itu bisa meraup 20 hingga 25 juta per bulan. Harganya tidak terlalu mahal, mulai dari 20 ribu hingga ada yang 2,5 juta rupiah, tergantung jenis dan kualitas bunga tersebut,” ujar ibu 2 anak ini.

Dijelaskan, bunga yang dijual terdapat beberapa jenis yang  bisa diletakkan di luar maupun di dalam rumah. “Ada sejumlah jenis bunga yang kami sediakan disini, diantaranya Agronema, anggrek, antorium, kaktus dan bromelia. Jenis ini bisa saja diletakkan di luar maupun di dalam rumah,” jelasnya.

Sementara itu, suaminya, Junaidy mengaku cukup kewalahan, melayani pembeli yang datang tidak hanya dari kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) namun juga dari kalangan pejabat-pejabat daerah.

“Mereka yang datang membeli itu biasanya dari istri pejabat daerah, ada yang dari Minsel, Manado bahkan Gorontalo. Nah, untuk melayani mereka tentunya cukup kewalahan, sebab waktu kami yang selalu terbagi antara tugas sebagai guru dengan melayani pembeli,” katanya.

Menurutnya, kedepan usaha yang dikelolah bersama istrinya selama Dua tahun ini akan dikembangkan. Menurutnya, selain iklim cuaca di kotamobagu sangat membatu pertumbuhan bunga hias in,i juga  dapat memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi warga disekitarnya.

“Dalam satu minggu itu bisa menanm 500 hingga 700 pohon, tentunya itu perlu tenaga pembantu, sehingga kedepan usaha ini akan dikembangkan dimana juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga yang ada di kompleks usaha ini,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini