INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu telah merealisasikan rencana perpindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sejak  Mei 2019. Hal ini dikatakan Sekretaris Kota (Sekkot) Adnan Massinae, kepada sejumlah awak media, Jumat, (03/05/2019), di kantor Wali Kota. “Mulai bulan ini (Mei), seluruh pembiayaan sudah melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kotamobagu, terkecuali untuk gaji masih ada di Bank SulutGo,” kata Sekkot.

Menurutnya, yang menjadi alasan pemindahan RKUD ke BRI berkaitan dengan pelayanan yang terbaik “Salah satu visi Kotamobagu itu kan daya saing sehingga perbankan harus mengikuti Pemkot. Kita ingin adanya pelayanan terbaik,”Jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tatong Bara menjelaskan, pemindahan RKUD erat kaitannya dengan percepatan pelayanan masyarakat.  “Contohnya sewaktu Pemkot Kotamobagu menjelankan program Anak asuh Pemerintah Daerah, Bank SulutGo tidak bisa menyanggupi untuk menjadi mitra. Dan hanya BNI yang siap, dari sisi fasilitas juga BNI cukup baik,” singkat Wali Kota.

Diketahui, rencana pemindahan RKUD dari Bank SulutGo ke BNI santer berhembus sejak beberapa bulan lalu. Namun, terhitung bulan Mei 2019 Pemkot justru memindahkan RKUD ke BRI.

Pemindahan RKUD ini ditandai dengan terbitnya surat yang ditujukan kepada seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kotamobagu dengan nomor 900/SETDA-KK/IV/2019 yang berisikan empat poin, termasuk menyampaikan segera membuka Rekening Kas Pengeluaran SKPD pada PT BRI cabang Kotamobagu. Untuk total APBD tahun 2019 yang berada dalam RKUD mencapai Rp 717.574.906.904.

 

Ir Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here