INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut), melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Kotamobagu, kemarin Senin (08/10/2018).

Dalam pantauan, Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara didampingi Wakil Walikota Nayodo Koerniawan SH, bersama sejumlah instansi terkait, menjemput langsung kunjungan ini, di Aula Rudis Walikota, depan Lapangan Boki Hotinimbang, sebelum akhirnya mengunjungi Data Center, Diskominfo.

“Kunjungan ini, terkait program KPK dalam pendampingan pencegahan korupsi dalam Tata Kelola Pemerintahan yang dilakukan di seluruh 34 provinsi, termasuk Kabupaten/Kota di Indonesia,” ujar Koordinator Unit, Koordinasi dan Supervisi Bidang pencegahan (Koorsupgah) KPK Wilayah Sulut, Mohammad Indra Furqon, kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, kunjungan KPK ke daerah-daerah adalah komitmen dari seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten/kota, untuk mendampingi tata kelola pemerintahannya.

“Karena dalam kajian KPK ada tiga yang selalu bermasalah dalam sistem tata kelola, misalnya perencanaan penganggaran, ULP (Unit Lelang Pelayanan), dan perizinan. Dari dulu pencegahan dan penindakan berkisar di tiga ini. Perizinannya, penganggarannya, pengadaan barang, entah itu suap pasti larinya di tiga ini,” katanya.

Dirinya menjelaskan, kunjungan KPK ke Pemkot Kotamobagu, juga ingin memberikan pendampingan terhadap tata kelola pemerintahan yang lebih baik dalam pencegahan praktek korupsi di tiap SKPD.

“Pencegahan korupsi bukan milik KPK, kami ingin semua pihak ikut mencegah, kalau adapun hal-hal yang terasa janggal atau perlu perbaikan atau ingin diadukan, silahkan, kami sekarang sudah dekat dan sudah ada di daerah. Kami berharap semua harus terbuka, seluruh keuangan negara hasil dari APBN dan APBD digunakan untuk semaksimal mungkin untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat khususnya untuk Kotamobagu, jangan ada lagi uang-uang yang masuk ke kantong pribadi,” pungkasnya.

Diketahui, awal kunjungan KPK ini berlangsung tertutup, sampai akhirnya kunjungan yang diwakili oleh 2 Anggota KPK ini, mengakhiri lawatannya ke Kotamobagu, dengan menyambangi Data Center, Diskominfo.

 

Tim Infokini News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here