Beranda Sulawesi Tengah Kab. Tojo Una Una Ribuan Lembar Surat Suara Rusak Ditemukan dalam Sortir Lipat KPU Tojo Una-Una

Ribuan Lembar Surat Suara Rusak Ditemukan dalam Sortir Lipat KPU Tojo Una-Una

61
0
Gambar : Ribuan Lembar Surat Suara Rusak Ditemukan dalam Sortir Lipat KPU Tojo Una-Una, (9/1/2024).

IKNews, TOUNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-una (Touna) menemukan ribuan lembar surat suara rusak pada proses sortir lipat.

Diketahui dalam proses sortir dan lipat KPU Touna melibatkan 200 orang, dimulai sejak tanggal 6-10 Januari 2024, dan berlangsung di hotel Pink.

Ketua KPU Touna Ahdin L Nondo saat dihubungi menyebutkan terkait kerusakan surat suara dan rinciannya pihaknya meminta media menghubungi Anggota KPU.

“Untuk rinciannya coba hubungi H,” ucap ketua KPU Ahdin L Nondo melalui pesan tertulisnya pada media ini selasa (9/1/2024).

Adapun jenis surat suara yang rusak yaitu DPD dan DPRD Kabupaten/Kota.

Rincian surat suara DPD yang dibutuhkan sebanyak 122.44, jumlah hasil sortir lipat 122.159, rusak 81, baik 122.448.

Sementara DPRD Kabupaten jumlah yang dibutuhkan sebanyak 122.441, hasil sortir hanya sebanyak 121.990, dengan rincian jumlah surat suara rusak 1.047 dan baik 120.943.

Kerusakan ribuan lembar surat suara ini dibenarkan oleh Ketua Bawaslu Touna Rizal L. Liara saat dimintai keterangan oleh media ini Selasa (09/01/2024).

“Iya ada yang rusak,” ucap Rizal.

Selanjutnya saat media mempertanyakan apa penyebab kerusakan, Rizal menyebutkan surat suara yang ditemukan rata-rata kondisinya sudah dalam keadaan sobek.

“Kondisinya sobek pak, dan sementara direkap,” beber Rizal.

Rizal menambahkan pada sortir lipat surat suara Bawaslu Touna selalu melakukan pengawasan secara melekat, hal itu untuk memastikan pelaksanaan sortir tersebut telah sesuai dengan tata cara Standard Operation Procedure (SOP).

“Kami selalu pastikan proses sortir lipat sesuai SOP, dengan harapan proses berjalan dengan baik dan lancar tanpa hambatan,” tutupnya.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini