Beranda Sumatera Selatan Kab. Musi Banyuasin Banjir Musiman Genangi Dusun III Desa Petaling, Bhabinkamtibmas Polsek Lais Pantau Langsung...

Banjir Musiman Genangi Dusun III Desa Petaling, Bhabinkamtibmas Polsek Lais Pantau Langsung Bersama Unsur Terkait

95
0
Gambar : Banjir Musiman Genangi Dusun III Desa Petaling, Bhabinkamtibmas Polsek Lais Pantau Langsung Bersama Unsur Terkait, (9/1/2024).

IKNews, MUSI BANYUASIN – Intensitas hujan yang saat ini semakin meningkat, menyebabkan terjadinya luapan air di sungai-sungai yang berdampak pada beberapa wilayah di Kabupaten Musi Banyuasin tergenang, yang tentunya hal ini dapat mengganggu berputarnya roda perekonomian di daerah tersebut, juga tidak menutup kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas dan kesehatan masyarakat.

Seperti halnya hari ini Selasa (09/01/2024) yang terjadi di dusun III Desa Petaling Kecamatan Lais, debit air yang menggenang di tempat tersebut sudah mencapai ketinggian antara 20 cm hingga 1 meter, sehingga sudah mulai mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

Menyikapi hal tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek lais Bripka Ahmad Arif. SH. bersama unsur terkait lainnya yaitu Babinsa, BPBD, dan pihak kecamatan memantau langsung ke lokasi banjir dengan didampingi Kepala Desa Petaling Ifiat, untuk memastikan bahwa situasi masih kondusif.

Berdasarkan keterangan dari Ifiat, Kepala Desa Petaling menjelaskan bahwa banjir yang terjadi ini merupakan banjir musiman setiap tahunnya, “Yang dikarenakan curah hujan tinggi sehingga air sungai Batanghari Leko meluap dan menggenangi desa kami, khususnya di dusun III Petaling.

Ketinggian air semakin hari semakin naik hingga sekira sepanjang 600 meter jalan desa tergenang air, tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, dan dampak dari banjir ini selain mengganggu aktifitas masyarakat juga bisa juga terganggunya kesehatan masyarakat karena septic tank juga ikut meluap,” jelasnya.*

Reporter : Puput

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini