Beranda Kabupaten Kendal Kegiatan Gathering Mitra DPRD Kendal Bersama Ormas, LSM, dan Media untuk Bangun...

Kegiatan Gathering Mitra DPRD Kendal Bersama Ormas, LSM, dan Media untuk Bangun Sinergitas

32
0
Gambar : Kegiatan Gathering Mitra DPRD Kendal Bersama Ormas, LSM, dan Media untuk Bangun Sinergitas (26/11/2023).

IKNews, KENDAL – Peran Ormas, LSM, dan Media di Kabupaten Kendal terus diberdayakan dan ditingkatkan kualitasnya melalui kegiatan Gathering Mitra DPRD Kabupaten Kendal di Yogyakarta selama tiga hari, dari tanggal 24 hingga 26 November 2023.

Ormas, LSM, dan Media ini telah membangun kebersamaan dan sinergitas dengan DPRD Kendal yang diberikan pembekalan dan motivasi di Hotel @HOM Kompleks Timoho, Jogjakarta.

Acara mengangkat tema, “Meningkatkan Sinergitas Wartawan dan LSM di Era Digitalisasi dalam Mensosialisasikan Kebijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Kendal”.

Pembekalan materi yang sangat berharga disampaikan oleh Humas DPRD Kota Yogyakarta, DR. Edi Wijayanti, AMK, SE, MH.Kes tentang bagaimana meningkatkan SDM dan mengubah Mindset masyarakat (publik) dimulai dari diri sendiri.

Kecepatan penyebaran informasi yang disampaikan oleh media sosial, menjadi tantangan wartawan untuk bergerak cepat dalam menyajikan berita yang akurat, terpercaya, dan Responsibility.

Demikian pula bagi Pemerintah Daerah perlu untuk melakukan analisis media. Dijelaskan, dengan melakukan analisis media baik online maupun pada media sosial, pihak pemerintah dapat mengetahui dampak positif dan negatif dari publikasi-publikasi lewat Cyberworld.

Sayang karena penyampaian materi harus dibatasi oleh waktu sehingga banyak teori-teori yang sudah dipersiapkan oleh narasumber tidak bisa tersampaikan. Tetapi Edi Wijayanti telah melengkapinya dengan sesi tanya-jawab yang intinya, saat ini dalam era digitalisasi telah menuntut berita cepat tersaji yang memiliki muatan sesuai dengan keinginan publik.

Sementara Sekretaris Dewan (Sekwan) Kendal, Anwar Haryono dalam sambutannya mengatakan, membangun jalinan kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan LSM dan Media itu sangat penting untuk mempercepat sinergitas.

Selain itu dikatakan bahwa kegiatan Pers Gathering ini selalu diadakan setiap tahun dalam rangka membangun sinergitas dan mensosialisasikan kebijakan pembangunan Kabupaten Kendal.

Ketua DPRD Kendal, H. Muhammad Makmun hadir menekankan peran media dan LSM sangat dibutuhkan, khususnya dalam penyampaian informasi dan temuan di lapangan seperti adanya pungutan liar di sekolah atau jalan yang rusak menjadi bahan masukan DPRD Kendal.

“Yang miralkan Kendal ini ya orangnya ada di sini,” Makmun menunjuk wartawan yang mengikuti Pers Gathering DPRD Kendal.

Acara ini dimoderatori Kabag Umum Setwan Kendal, Arif Musbichin, dihadiri Kepala Dinas Kominfo, Ardhi Prasetyo dan Staf Kominfo Kabupaten Kendal, Jajaran Polres Kendal, Ketua DPRD Kendal H. Muhammad Makmun dan Wakil Ketua DPRD Kendal, Mabrur yang diikuti LSM, Ormas dan Media.*

Reporter : Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini