Beranda Nasional Tlahab Culture Festival 2023: Menggerakan Budaya dan Ekonomi Lokal

Tlahab Culture Festival 2023: Menggerakan Budaya dan Ekonomi Lokal

82
0
Gambar : Dalam rangka merayakan keanekaragaman budaya Indonesia, Pemerintah Desa Tlahab Kecamatan Gemuh Kendal gelar pagelaran seni budaya Tlahab Culture Festival 2023, (27/8/2023).

IKNews, KENDAL – Dalam rangka merayakan keanekaragaman budaya Indonesia yang tercermin dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika, “Tlahab Culture Festival 2023” menjadi sorotan hangat.

Pada Minggu, 27 Agustus 2023, Pemerintah Desa Tlahab Kecamatan Gemuh Kendal menggelar pagelaran seni budaya dan mempertunjukkan semangat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh agama, masyarakat, Karang Taruna, serta para pelaku UMKM dan pegiat seni, bahkan dari kalangan dunia pendidikan dan masyarakat lainnya.

Dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, acara ini bertujuan untuk mempromosikan identitas budaya dan keragaman, serta memberikan panggung bukan hanya bagi seniman dan budayawan, tetapi juga sebagai momentum bagi pelaku UMKM lokal, terutama generasi milenial yang diharapkan akan meneruskan perjuangan bangsa.

“Diharapkan, kegiatan ini akan memberi kesempatan kepada mereka untuk memahami serta mendalami warisan budaya Desa Tlahab dan sekitarnya,” jelas Kepala Desa.

Kepala Desa Abdul Kholiq juga secara khusus berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang telah mewujudkan suksesnya gelaran ini.

Selanjutnya, Kades Kholiq menjelaskan hasil penilaian juri terkait kostum, keunikan, dan keseruan yang ditampilkan oleh para peserta. “Pemenang pertama diberikan kepada RT 04 RW 01 dengan konsep Theatrikal Perang 10 Nopember di Surabaya,” ungkap Kades dengan ramah.

“Pemenang Kedua diberikan kepada kontingen dari RT 03 RW II, yang mengangkat tema pemanfaatan limbah daun jagung untuk busana kekinian,” tambahnya.

“Dan pemenang ketiga diraih oleh RT 01 RW I, dengan tema Pakaian Adat Daerah,” tutup Kades.

Tlahab Culture Festival tahun 2023 ditutup dengan pertunjukan singo barong yang memukau hingga larut malam. Acara ini menjadi bukti nyata bagaimana budaya dan ekonomi lokal dapat bersatu dalam suatu perayaan yang meriah.*

Reporter : Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini