Beranda Daerah Bolmong Pj Bupati Bolmong Hadiri Perayaan Galungan

Pj Bupati Bolmong Hadiri Perayaan Galungan

235
0
Pj Bupati Bolmong Hadiri Perayaan Galungan
Suasana Perayaan Galungan di Pure Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolmong,

IKNews, BOLMONG – Pj Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokodompit, bersama jajaran Forkopimda menghadiri acara Perayaan Hari Raya Galungan, di Pura Werdi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah dan Pura Mopugad, Kecamatan Dumoga Utara, Rabu (02/08/2023) sore tadi.

Dalam sambutannya, Limi mengatakan perayaan hari Galungan dan Kuningan ini sebagai sarana dalam meningkatkan Sradha dan Bhakti Umat Kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) Sebagai Sang Pencipta.

“Selain itu, makna utama dari perayaan ini merupakan kewajiban umat terhadap Dharma Agama, disamping kewajiban kita kepada Dharma Negara,” jelasnya.

Hari Raya Kuningan adalah janji untuk melaksanakan swadharma (kewajiban) sebagai bagian dari masyarakat Bolmong untuk melaksanakan ajaran Guru Wisesa (Berbakti kepada Pemerintah) dengan cara menjadi warga negara yang baik dan ikut mendukung program-program pemerintah.

“Semoga di hari kemenangan dharma atas adharma selalu mengingatkan kita akan hakikat kebenaran yang akan selalu jaya, bukan ketidakbenaran,” ujarnya.

Dengan momentum hari suci ini, Limi berharap Umat Hindu mampu memperkokoh toleransi antar umat beragama menuju Bolmong yang aman, damai, maju dan sejahtera.

Limi juga menjelaskan pemerintah berkewajiban melindungi dan menjamin kesejahteraan masyarakat. Begitu juga kewajiban utama masyarakat adalah mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program-program pemerintah selaku guru wisesa.

“Oleh karena itu, mari bersama- sama kita saling bahu membahu, saling bersinergi antara pemerintah dengan masyarakat khususnya umat Hindu di Kabupaten Bolmong  untuk mencapai tujuan bersama di bumi Totabuan yang kita cintai,” ujarnya.

Untuk membangun Bolmong diperlukan kemampuan, profesionalitas, dan hati yang bersih, karena di dalam membangun Bolmong harus dibangun dengan keikhlasan. Karena keikhlasan itu awal dari pada keberhasilan.

“Banyak yang kita rencanakan dalam membangun Bolmong ke depan. Oleh karena itu kita harus bersatu dalam membangun Bolmong,” katanya.

Filosofi hari raya Galungan dan kuningan ini katanya adalah bagaimana kita mengalahkan padarma dalam diri kita.

“Saya juga berpesan agar seluruh umat hindu dapat meningkatkan Kepekaan sosial terhadap lingkungan seperti rukun tetangga, rukun antar agama, dan rukun terhadap pemerintah. Sehingga dimanapun umat Hindu berada, kehidupan dapat hidup dengan damai dan sejahtera,” ucapnya.

Reporter: Matt Nasaru

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini