Beranda Kota Bitung Pembuatan Tembok Penahan Tanah di Kelurahan Tandurusa Diduga Proyek ‘Siluman’

Pembuatan Tembok Penahan Tanah di Kelurahan Tandurusa Diduga Proyek ‘Siluman’

62
0
Gambar : Foto Proyek Tanpa menggunakan papan nama, (25/8/23).

IKNews, BITUNG – Pekerjaan pembuatan Tembok Penahan Tanah (Tanggul) di Kecamatan Aertembaga tepatnya di sepanjang jalan dari kelurahan Tandurusa lingkungan I menuju Kelurahan Makawidey tidak menggunakan papan nama, diduga proyek “Siluman”.

Meski sering dipersoalkan publik, akan tetapi tetap saja ada kontraktor membandel dengan mengabaikan hak publik tentang keterbukaan informasi. Padahal jika transparan maka simpati warga sekitar dan dukungan akan diberikan karena pasti setiap proyek fisik akan ada manfaat bagi kelurahan.

Selain itu, saat penandatangan kontrak kerja kontaktor sudah tahu rujukan pekerjaan harus berpedoman Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya.

Diketahui Proyek pengerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kelurahan Tandurusa lingkungan I, sudah berjalan hampir 50 persen hingga kini tak ada papan nama proyek fisik yang terlihat.

“Kami tidak tahu proyek ini anggarannya berapa dan sampai kapan serta dikerjakan siapa dan menggunakan APBN atau APBD. Padahal proyeknya harus dikerjakan secara transparan dan diketahui masyarakat umum,” ujar Serdi Warga Kelurahan Tandurusa, Jumat, (25/8/23).

Selain itu menurutnya pekerjaan diduga tak sesuai RAB, baik ke dalam galian dan campuran semen perekat tembok.

“Kami warga berhak mengetahui informasi sekitar proyek yang ada di kelurahan karna dampaknya akan dirasakan masyarakat. Ia pun meminta pekerjaan proyek dikerjakan berdasarkan isi kontrak agar program pemerintah di bidang infrastruktur dapat dirasakan manfaatnya sebab berkualitas dan ada transparan anggaran rakyat,” harap Serdy.

Kepala Dinas PUPR Kota Bitung Risal Sompotan ST dikonfirmasi soal indentitas proyek di Kelurahan Tandurusa belum bisa ditemui media ini.*

Reporter : Cax

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini