Beranda Advetorial Liando : Semangat anti Korupsi Bupati FDW Patut Dicontoh

Liando : Semangat anti Korupsi Bupati FDW Patut Dicontoh

51
0

IKNews,MINSEL – Dosen Fisip Unsrat Ferry Daud Liando mengapresiasi semangat Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar dalam mencegah korupsi bagi aparat pejabat. Apresiasi Liando itu disampaikan ketika memberikan materi pada kegiatan bimtek KPK RI bersama Pemkab Kabupaten Minahasa Selatan di Hotel Mercure Manado, Kamis 15 Juni 2023.

“Saya dapat informasi dari KPK, bahwa kegitan bimtek pencegahan korupsi ini adalah inisiatif langsung dari Pak Bupati dengan mengundang KPK untuk bekerja sama. Ini semua modal besar dalam pencegahan korupsi. Di Indonesia, belum banyak kepala daerah seperti ini dan Minsel adalah yang pertama di Indonesia” kata Liando.

Liando menambahkan bahwa jika semangat Pak Bupati seperti ini maka perilaku korupsi akan lebih mudah dicegah. Sebab jika komitmen atasan sudah baik seperti ini maka kemungkinan aparatnya akan mengikuti.
Pengalaman di berbagai daerah, banyak pejabat di instansi pemerintah daerah ketahuan korupsi dan dipenjara karena diperintah kepala daerah atau atas sepengetahuan kepala daerah.

Nah, kalau bupati punya prinsip moral dan etika yang baik seperti pak Bupati Wongkar maka prinsip itu berpotensi akan menular pada bawahannya.
Saya menyarankan agar KPK juga memberikan apresiasi dengan memberikan piaagam penghargaan kepada Bupati Wongkar agar menjadi best practice di daerah lain.
Peserta diklat pencegahan korupsi KPK RI dan Pemkab Minsel diikuti oleh seluruh pejabat eselon II bersama pasangan suami dan isteri.

Bagi Liando, acara ini penting dihadiri pasangan suami atau isteri karena korupsi kerap terjadi karena juga adanya dorongan dari keluarga. Menurut Kepala Inspektorat Minsel Hendra Pandeynuwu, pembicara lain adalah pejabat dari KPK RI Firlana Ismayadin serta dari dua motivator daerah Dr Preysi Siby dan Pdt Fanni Lumintang.
(A’Lan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini