Beranda Hukum & Kriminal Jelang Pemilu, Satkamling Berperan Aktif Menjaga Kondusifitas Kamtibmas

Jelang Pemilu, Satkamling Berperan Aktif Menjaga Kondusifitas Kamtibmas

23
0
Gambar : Penyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara, di halaman Mapolres Batang, Rabu (21/6/2023).

IKNews, BATANG – Polres Batang terus berupaya menjaga kondisi kamtibmas tetap kondusif selama pentahapan pemilu 2024. Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan peran serta seluruh komponen masyarakat menjaga kondusifitas termasuk Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang merupakan bagian dari Pam Swakarsa.

Menurut Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun mengatakan, peran mereka sangat strategis untuk menjaga kondusifitas, agar tidak terjadi perpecahan karena perbedaan pilihan.

“Peran Satkamling bisa membantu tugas pemerintah dan TNI/Polri, dengan mengarahkan warga agar tetap menjunjung persatuan dan kesatuan, meskipun berbeda dalam pilihan politiknya,” kata Kapolres, usai menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara, di halaman Mapolres Batang, Rabu (21/6/2023).

Tugas menjaga keamanan di lingkungan masing-masing, kata dia, harus tetap dilaksanakan, jangan sampai semangat yang sudah luar biasa ini lambat laun mengendur.

“Mau ada lomba atau tidak harus tetap dijaga,” tegasnya.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki membenarkan, menjaga Kamtibmas merupakan tugas bersama, salah satu upayanya dengan mengaktifkan kembali Pos Satkamling di tingkat RT/RW.

“Masyarakat harus menjaga keamanan minimal di lingkungannya sendiri,” ujarnya.

Juara 1 lomba Satkamling tingkat Polres Batang, yang diwakili Ketua RT 3 RW 10, Perum Pesona Griya Kauman, Lukman Hakim mengatakan, Satkamling sudah aktif sejak 2017 lalu dan di tahun 2021 sarana prasarana untuk menunjang keamanan, juga dilakukan pemasangan kamera pemantau.

“Kamera pemantau dipasang di titik yang dianggap rawan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bahkan warga setempat pun bisa memantau keamanan lingkungannya lewat kamera pemantau yang bisa diakses di gawai masing-masing,” tandasnya.*

Reporter : Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini