Beranda Nasional Festival Literasi, Asisten III Pemkab Berau Ajak Generasi Muda Minat Membaca

Festival Literasi, Asisten III Pemkab Berau Ajak Generasi Muda Minat Membaca

40
0
Puncak dan penutupan Festival Literasi dihadiri Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Sadiah, Anggota Komisi III DPRD Berau, sekaligus merangkap sebagai Ketua GPMB cabang Berau, M.Ichsan rapi, Asisten I Hendratno dan Asisten III Setkab Berau Maulidiyah, Perwakilan Polres, Kemenag, TP. PKK, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Kalimantan Timur, Hj. Juanita Sari, Sekretaris Dispusib Kabupaten Berau, Ali Sadiqin, Ketua DPW, Ketua Umum PGRI serta para Kepala Sekolah, Guru dan perserta Festival Literasi dan Perpustakaan. Foto: (Slf IB)

IKNews, BERAU – Festival Literasi yang diselenggarakan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Berau, bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, di Gor Graha Pemuda Tanjung Redeb, dibuka Wakil Bupati Berau, Kamis (8 Juni 2023). Puncak dan penutupan Festival Literasi, Sabtu (10 Juni 2023).

Asisten III Setkab Berau Maulidiyah mewakili Bupati Berau Sri Juniarsih dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang positif telah diselenggaran selama tiga hari.

Harapanya dapat dilaksanakan kembali setiap tahunnya dengan muatan lebih kreatif dan beragam. Begitupun semangat pembudayaan literasi sehari-hari dapat terus berjalan seperti kegiatan membaca, menulis dan berdiskusi bersama.

Untuk itulah dalam kesempatan ini sekaligus mengajak kepada semua generasi muda minat membaca dan berlomba-lomba untuk mengaktifkan perpustakan baik di rumah maupun di sekolah.

Minat baca serta seluruh komunitas yang tergabung dalam sahabat literasi untuk terus melakukan upayah kreatifitas dan inofasi demi meningkatkan angka kunjungan perpustakaan, sekaligus budaya literasi bagi generasi muda.

“Hal ini pun sebagai salah-satu upaya Pemkab Berau dengan demikian semangat terus terjaga dan sinergitas  terjalin. Maka cita-cita kita untuk meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) cerdas sejahtera dan berbudi luhur akan dapat terwujudkan,” terang Maulidiyah.

Ketua Atpusi Berau Mariani menambahkan, Festival Literasi ini merupakan momentum ke tiga sebagai bentuk gerakan literasi.

Menurutnya, ada 17 pameran perpustakaan tingkat SD, SMP dan SMA yang telah terakreditasi nasional diantaranya untuk perpustakaan SMA sudah taraf juara tingkat Nasional.

“Semangat kami untuk membangun minat baca kepada masyarakat genarasi muda, oleh sebab itu acara Festival Literasi dan perpustakaan terlaksana ditahun ini sesuai temanya, melangkah literasi melalui sinergi bersama kita berdaya,” ungkapnya.

Anggota Komisi III DPRD Berau, sekaligus merangkap sebagai Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) cabang Kabupaten Berau, M.Ichsan rapi mengapresiasi Festival Literasi yang diselenggarakan ATPUSI Berau yang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau.

M.Ichsan rapi berpesan, dapat terus berinovasi dengan harapan kedapan merubah menset tenaga SDM perpustakaan yang perluh adanya peningkatan, baik di masing-masing perpustakaan.

Menurut M. Ichsan rapi, pengembangan SDM di sebuah perpustakaan dapat dilakukan melalui pendidikan studi lanjut, pelatihan, magang, mutasi, penyertaan pada kegiatan kepustakawanan, promosi, coaching, maupun rotasi.

Selain itu khususnya Perpustakaan menjadi episentrum, perpustakaan episentrum sebagai ilmu pengetahuan yang tentu saja memiliki peran krusial bagi kemajuan masyarakat.

Kehadiran Perpustakaan episentrum tidak lagi sekadar tempat membaca, namun juga dapat berlatih keterampilan mengembangkan potensi diri.

Reporter : Sulkifli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini