Beranda Nasional Disperinaker Kendal Luluskan 320 Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi 2023

Disperinaker Kendal Luluskan 320 Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi 2023

33
0
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyerahkan sertifikat kepada peserta pelatihan. Foto: Anik

IKNews, KENDAL – Sebanyak 320 peserta pelatihan berbasis kompetensi tahun 2023 Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kendal telah selesai mengikuti pelatihan berbasis kompetensi dan dinyatakan lulus 100 persen pada uji kompetensi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disperinaker Kendal, Cicik Sulastri saat menyampaikan laporan dalam kegiatan Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi 2023 yang bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis 22 Juni 2023.

Cicik Sulastri menyampaikan, para peserta yang terdiri dari angkatan I telah mengikuti pelatihan selama bulan Maret – April 2023 dan angkatan II telah mengikuti pelatihan pada bulan Mei – Juni 2023 dengan durasi pelatihan bervariasi antara 180 jam pelatihan sampai dengan 430 jam pelatihan.

“Untuk tempat pelaksanaan pelatihan meliputi UPTD Balal Latihan Kerja sebanyak 224 orang, LPK Swasta sebanyak 64 orang, Balai Latihan Kerja Komunitas sebanyak 32 orang,” terang Cicik Sulastri.

Cicik mengungkapkan, ada tujuh paket kejuruan pelatihan berbasis kompetensi tahun 2023 yakni, menjahit pakaian wanita dewasa, menjahit operator garment, teknik sepeda motor injeksi, tata rias kecantikan rambut, teknisi telepon seluler, teknik las (plate welder) SMAW 3G, serta desain grafis.

“Pelatihan terdiri dari pembelajaran 30 persen teori dan 70 persen berupa praktik, berdasar pada skema Kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI),” ungkapnya.

Menurutnya, para peserta pelatihan 70 persen telah terserap didunia usaha dan industri. Sementara 30 persen menjadi tenaga kerja mandiri atau wirausaha

Kepala UPTD BLK Disperinaker Kendal, Hendro S Utomo menjelaskan, dari 224 peserta pelatihan BLK ada 14 paket yang masing-masing paket berisi 16 peserta.

“Mereka semua setelah mengikuti pelatihan tidak hanya mendapatkan sertifikat dari BLK tapi mereka juga mengikuti uji kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi yang bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas,” bebernya.

Reporter : Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini