Beranda Nasional Pemdes Kabupaten Halmahera Barat Study Banding di Desa Sukamanah Megamendung Bogor

Pemdes Kabupaten Halmahera Barat Study Banding di Desa Sukamanah Megamendung Bogor

42
0
Study Banding Pemerintahan Desa Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku utara di Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor Jawa Barat. (19/05/23)

IKNews, KABUPATEN BOGOR – Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik.

Seperti halnya Study Banding Pemerintahan Desa Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku utara di Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor Jawa Barat. (19/05/23)

Camat Ibu Warjin H. Soleman. Spd Mpd Mengatakan Kegiatan study Banding ini adalah lanjutan dari kegiatan di jakarta.

“Ini adalah lanjutan dari pada kegiatan yang sebelumnya di laksanakan di jakarta, dan Peserta ya g ikut serta kurang lebih ada 63 orang, ada Tiga Camat, ada Kepala Desa dan perangkatnya, dari kecamatan IBU, IBU Selatan dan Kacamatan Tabaru yang ada di kabupaten Halmahera Barat, dan yang kemaren itu kita study banding yang pertama terkait dengan profil desa dan kemudian melihat perkembangan bumdes, intinya dari hasil study banding ini nanti insha allah kita akan mengimplementasikan nya di desa kami bahkan kecamatan kami,” ucapnya.

Camat kecamatan ibu kabupaten halmahera provinsi maluku utara

Warjin H Soleman juga berharap semua peserta agar bisa mengikuti pelaksanaan study banding ini,dan berharap dapat menjadi bahan evaluasi,agar dapat di terap kan di pemerintahan desa.

“Harapan saya kepada seluruh peserta agar bisa mengikuti pelaksanaan study banding ini,dan mudah mudahan apa yang telah di sampaikan ini menjadi bahan evaluasi bagi kami sehingga dapat di terapkan ke desa kami dan kecamatan,” pungkasnya.

Salah satu Kepala Desa Roni S Haniki Halmahera barat kecamatan ibu  mengatakan kegiatan study banding ini agar dapat di terapkan cara berpemerintahan yang baik.

“Dengan mengikuti Study banding ini Kita bisa ambil contoh dari desa – desa yang ada disini Supaya kita bisa terapkan cara pemerintah yang bagus, khusus nya di bumdes dan pengelolaan pengelolaan program di desa, sebelum study banding di desa Sukamanah ini juga kami telah bersosialisasi di Departemen Dalam Negeri Jakarta Pusat. Study Banding ini juga agar kami dapat menambah ilmu, menambah pengetahuan untuk mengelola keuangan di desa,” ucapnya.

Ismail selaku Ketua PKK  sekaligus perwakilan dari Kepala Desa Sukamanah  mengatakan Pemdes Sukamanah  saling sharing dalam ilmu pemerintahan.

“Pertemuan yang tadi itu yaitu komunikasi untuk pemerataan pembangunan, yang ada di desa desa seluruh Indonesia, dan kita juga membahas banyak, dari mulai penyusunan APBDes ,penyusunan RKPDes, RPJMDes Kemudian juga Program program inovasi yang di hasilkan oleh pemerintahan desa, Apabila ada kesesuaian dengan Potensi sumber daya alam dan manusianya dari program program yang baik yang ada di Desa Sukamanah Kemungkinan mereka akan terapkan disana, begitupun sebaliknya, ketika disana ada yang baik, nanti kita terapkan disini,” ucapnya.

Lebih lanjut Ismail juga berharap agar Desa sukamanah menjadi Desa percontohan untuk Desa di seluruh Indonesia.

“Harapan nya dengan adanya kegiatan ini, mudah mudahan bisa di manfaatkan disana, sehingga Desa Sukamanah bisa menyemangati seluruh Desa yang ada di Indonesia,” tutupnya.

Reporter : Wandi azis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini