foto dok. istimewah

Kotamobagu – Guna memastikan kesehatan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kotamobagu, akan lakukan pemeriksaan hewan kurban Sapi maupun Kambing, serta peningkatan kualitas daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

“Kami sudah menyurat ke setiap Kelurahan dan Desa agar secepatnya memberikan data hewan kurban kepada Distankan paling lambat tanggal 19 Juni 2021, untuk dilakukan pemeriksaan hewan kurban,” terang Kepala Distankan melalui Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dispertanak Kotamobagu, Samsul Hidayat Lasena, Selasa (6/7/2021).

Dikatakannya, pihaknya terus melakukan pemantauan terkait kesehatan hewan kurban di Kotamobagu. Untuk itu ia berharap, hewan kurban pada Idul Adha tahun ini, tetap dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Saat ini tim kami juga sudah mulai mendata kantong-kantong ternak, serta jumlah hewan kurban yang masuk dan keluar di Kotamobagu, akan tetapi untuk hewan Sapi harus dari Sulawesi Utara sedangkan hewan Kamibing masi diperbolehkan,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan hewan kurban sendiri, kata Samsul, Distankan bekerjasama dengan dokter hewan untuk melalukan pemeriksaan.

“Nantinya dokter hewan akan memberikan pelatihan terkait apa-apa yang akang diperiksa, hewan yang mengidap penyakit tertentu tidak diperbolehkan untuk di sembelih,” tambahnya.

“Jika di temui ada yang hewan yang sakit maka kami upayakan untuk di obati sebelum di sembelih.

Setelah di sembelih, masih harus diperiksa apakah dagingnya layak dikosumsi atau seperti apa. Dan untuk Kotamobagu sendiri sampai saat ini dari segi kesehatan daging masi bisa dipertangungjawabkan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here