INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Guna memastikan program kerja Satuan Kerja Perengkat Daerah (SKPD), Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, terus melakukan pemantaun langsung di tiap isntansi terkait sejauh mana kinerja jajaranya melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti kunjunganya ke Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Dispertanak), Senin (11/3/2019), ia melakukan pengecekan absensi ASN, serta progres capaian di isntansi tersebut.

Wawali menilai, sebagai intansi yang mengurusi bidang pertanian, harusnya memliki data di wilayah hasil bumi.

“Misalnya, Desa Sia konsen hasil buminya, apa?, Desa Moyag konsen hasil buminya apa. Kemudian dilakukan pendampingan sampai pada tingkat Bumdes,”jelasnya.

Dikataknya, Dipertanak harus memiliki basis pemetaan yang jelas, agar setiap program kerja berjalan dengan baik dan terukur.

“Bagaimana pertanian kita akan memiliki basis yang kuat dan jelas kalau tidak ada pemetaan. Setelah hasil bumi dipetakan, kemudian pemasaranya dibantu melalui Bumdes. Ini yang perlu didiorong. Sehingga pemerintah tidak hanya fokus pada pemberian bantuan dan pembentukan kelompok,” terangnya.

Selain itu, Wawali juga melihat langsung kondisi Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Ia berharap, Alsintan agar penggunaanya dimanfaatkan dengan baik.

“Alsintan harus dimanfaatkan bagi petani. Jangan diparkir saja,” katanya (irg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here