Kotamobagu – Pemerintah Kota Kotamobagu terpilih menjadi salah satu nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021 tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelumnya PPD ini bernama Anugerah Pangripta Nusantara. Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah melakukan perencanaan pembangunan terbaik yang secara komprehensif mempertimbangkan aspek perencanaan sampai pada pencapaian target-target pembangunan daerah.

Pada penilaian pertama hari Selasa (9/02/2021) bertempat di Hotel Arya Duta Manado, Bappeda Provinsi Sulut sebagai Tim Penilai Umum (TPU) mengundang Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu untuk mengikuti  tahapan presentasi dan wawancara dihadapan Tim Penilai Independen (TPI).

TPI diketuai oleh Noldy Tuerah, PhD selaku akademisi dengan anggotanya dari berbagai unsur baik wartawan dan profesional lainnya.

Pada tahapan tersebut Sofyan Mokoginta, SH selaku Kepala Bappelitbangda menyampaikan pemaparan terkait dengan aspek pencapaian pembangunan daerah, aspek proses penyusunan dokumen perencanaan dan aspek inovasi daerah serta capaian-capaian indikator pembangunan lainnya baik sektor pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan sosial.

Dari hasil penilaian yang diberikan oleh Tim Penilai Independen, Kota Kotamobagu masuk sebagai salah satu Nominasi PPD tahun 2021 bersama dua daerah lainnya Kota Bitung dan Kota Manado.

Selanjutnya TPI melaksanakan verifikasi dan kunjungan lapangan ke Kota Kotamobagu bersama Kepala Bappeda Provinsi Sulut Ir. Jenny Karouw, M.Si dan tim hari ini Rabu (10/02/2021).

Lokasi pertama yang dituju adalah Kantor Bappelitbangda Kota Kotamobagu untuk melaksanakan verifikasi dan menguji kebenaran dokumen perencanaan yang disusun.

Lokasi kedua adalah Puskesmas Gogagoman untuk melihat sejauh mana keberhasilan penerapan inovasi Sistem Pendaftaran dan Pelayanan Kesehatan (Si Pepen Sehat).

“Kita harus optimis dan berharap Kotamobagu bisa menjadi yang terbaik dengan capaian pembangunan yang telah diraih saat ini sebagai apresiasi atas kerja keras semua Perangkat Daerah. Tentu tujuan utamanya adalah pencapaian Visi dan Misi untuk kesejahteraan masyarakat di Kota Kotamobagu.” ungkap Sofyan Mokoginta, SH.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here